UC News

Mengenal Sepeda Motor Kloningan Yang Pernah Ada Di Indonesia

Sabers - Berkembang pesatnya otomotif ditanah air khususnya sepeda motor membuat produsen sepeda motor berlomba untuk memasarkan produknya tersebut. Apalagi dengan harga yang terjangkau membuat setiap orang ingin membelinya. Memang tidak dipungkiri, sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Disamping irit bahan bakar, sepeda motor juga praktis dikendarai dan tentunya harga lebih terjangkau.

Di Indonesia sendiri banyak sekali merek-merek sepeda motor yang sering kita jumpai. Baik dipedesaan maupun diperkotaan. Salah satunya adalah adalah sepeda motor cina alias mocin. Mocin sendiri mulai masuk di pasar Indonesia yaitu pada tahun 2000-an. Motor cina biasanya dipilih karena harganya yang lebih murah, sparepart bisa disubtitusikan dengan motor lainya dan menariknya modelnya pun mirip dengan merek sepeda motor dari Jepang. Memang jika tidak teliti seseorang akan mengira jika sepeda motor tersebut satu pabrikan. Berikut adalah deretan sepeda motor yang mirip dengan versi aslinya.

1. APP KTM Powerfit (Honda suprafit)

Mengenal Sepeda Motor Kloningan Yang Pernah Ada Di Indonesia
Auto.co.id

App Ktm adalah produsen sepeda motor asal cina yang diproduksi oleh PT Asean Motor International atau dulu bernama PT Varia mobilindo dengan merek dagang App ktm, salah satu ptoduknya yang terkenal adalah Power fit, dan dibandrol dengan harga Rp 7 juta. Kala itu memakai artis dangdut Inul Daratista sebagai model iklanya. Akibat iklan tersebut, banyak masyarakat yang salah kaprah dengan merek sepeda motor KTM asal Austria.

2. Viar Star z (Yamaha Jupiter z)

Sepedamotor.com

Viar memang selama ini identik dengan produk motor niaga atau motor roda tiga dengan bak terbuka. Namun selain motor niaga ternyata juga pernah merilis banyak produk motor bebek, salah satunya Viar star z yang memiliki harga yang murah Rp 6 juta. Motor ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2010 sebagai penerus motor bebek produksi Viar starfit z kala itu. Sebenarnya Viar sendiri adalah perusahaan join antara pengusaha Taiwan dengan Indonesia. Namun sekarang Viar sudah 100% sudah diakuisi oleh pengusaha Indonesia dan produknya pun sudah banyak dibeberapa segmen. Mulai dari trail, motor listrik dan ATV.

3. Jialing Bangao (Honda Supra x 110cc)

Jialingmotor.com

Jialing adalah salah satu pabrikan sepeda motor cina yang sangat populer ditahun 2000. Jialing pernah menjadi pilihan banyak konsumen karena harganya yang jauh lebih murah dari pesaingnya yaitu Rp 6 juta. Kala itu Rano karno dan Basuki adalah model iklan dari motor ini.

4. Viva Dragon (Honda Cbr 150)

Vivamotor.com

Sama-sama mengusung 150 cc viva Dragon memang sekilas mirip dengan Cbr 150 buatan Thailand yang mengaspal di Indonesia pada tahun 2000. Motor ini dihargai Rp 15-17 jutaan untuk barunya. Viva sendiri adalah pabrikan asal cina yang dipasarkan di Indonesia.

5. Tossa Jaguar 2000 (Honda Tiger 2000)

Sepedamotor.com

Tossa merupakan salah satu pabrikan otomotif asli Indonesia yang diresmikan pada tahun 2003 di Jakarta. Tossa sendiri sangat terkenal dengan produk motor niaga roda tiganya. Namun selain roda tiga Tossa juga merilis kendaraan varian motor sports, salah satunya Tossa Jaguar. Motor ini pertama kali dilepas ke pasar otomotif tanah air pada tahun 2003 dan mempunyai harga Rp 15 juta. Selain itu Tossa juga merilis sepeda motor jenis bebek.

Meskipun dibandrol dengan harga yang murah faktanya tidak menjajikan produk itu bagus dan awet. Banyak yang mengeluhkan jika motor tersebut dari performa dan kualitas sparepart jauh dari sepeda motor aslinya. Tapi semua itu juga kembali lagi minat dan keinginan dari pembeli itu sendiri.

Topic: #motor bebek
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot