UC News

Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Alam

Rabu, 11 Februari 2020

Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Alam
Gambar: HALLORIAU.COM

Dilansir: SRIPOKU.COM - Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual.

Karena adanya proses produksi asam yang dilakukan oleh lambung dalam mencerna makanan dengan jadwal yang teratur, Bahkan ketika kita tidur pun lambung tetap memproduksi asam lambung walau tidak ada makanan yang dicerna untuk dihancurkan.

Kebutuhan asam lambung juga tidak boleh melebihi batas, karena jika asam lambung tinggi akan menimbulkan penyakit asam lambung, begitupun sebaliknya jika asam lambung turun juga akan timbul penyakit.

Oleh karenanya penting sekali jadwal makan diatur dengan baik, karena lambung memperlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan kebiasaan pola makan, imbasnya jika kita tidak makan secara teratur akan berdampak buruk, khususnya menimbulkan Penyakit Asam Lambun

Berikut adalah cara mengobati asam lambung secara tradisional yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami:

1. KUNYIT

gambar: Alodokter

Pertama ambil sekitar 2 hingga 3 rimpang kunyit, bersihkan hingga benar-benar bersih, lalu anda kupas kulit arinya. Parut Kunyit yang telah dikupas tersebut lalu peras hingga mengeluarkan air.

Kemudian anda tinggal minum air yang dihasilkan dari perasaan kunyit tersebut secara rutin pagi dan sore hari sampai sakit maag anda reda. Obat alami asam lambung dari kunyit ini tidak seketika menyembuhkan sakit maag anda.

Anda akan merasakan manfaat kunyit untuk sakit maag jika pengobatan dilakukan secara rutin dan teratur agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Kunyit sudah menjadi obat tradisional yang digunakan orang dari jaman dulu sebagai obat maag atau asam lambung.

Kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada kunyit terbagi lagi dalam komponen yakni Artumeron, Tumerol, Alfa atlanton, Beta Klairofilen, Linalol, dan Borneol.

Minyak atsiri pada kunyit juga terdapat beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi. Sudah banyak orang yang membuktikan, sakit maag (asam lambung) mereka sembuh dengan mengkonsumsi kunyit.

2. MADU

Gambar: Hypermart.co.id

Untuk menjadikan madu sebagai obat asam lambung, anda cukup mengkonsumsinya sehari satu sendok makan sebelum makan. Bisa langsung diminum dengan air hangat, atau dicampur dengan teh dan lainnya.

Madu tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki riwayat sakit diabetes, karena kandungan gula pada madu cukup tinggi, yang bisa menyebabkan kadar gula pada tubuh naik.

Madu berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab rusaknya saluran pencernaan.

Sifat anti inflamasi pada madu, juga mampu mengobati peradangan di bagian esofagus atau kerongkongan yang terluka akibat naiknya asam lambung.

Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, Yakni dengan makan teratur dengan porsi sewajarnya, kurangi makan makanana berlemak dan bersantan, tidur teratur dan kurangi stres. Semoga bermanfaat!


Dilansir: SRIPOKU.COM / Alodokter / Hypermart.co.id / HALLORIAU.COM

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot