UC News

Merinding! Berikut Kisah Tentang Dua Makhluk Menyeramkan Yang Terkenal Di Sulawesi Selatan

Merinding! Berikut Kisah Tentang Dua Makhluk Menyeramkan Yang Terkenal Di Sulawesi Selatan
Referensi pihak ketiga

Sejak dulu Indonesia memang sangat terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Selain itu, kepercayaan tentang adanya hal-hal mistis juga masih cukup melekat di sini. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki cerita unik tersendiri tentang adanya makhluk-makhluk mistis. Salah satunya adalah di wilayah Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. 

Di balik modernisasi yang terus berkembang, salah satu wilayah yang memiliki banyak sejarah ini punya legenda yang sangat terkenal tentang makhluk jadi-jadian. Dimana sebagian masyarakat suku Bugis-Makassar tentu sudah tidak asing lagi dengan cerita tentang makhluk tersebut. Nah, berikut ini cerita tentang beberapa makhluk mistis di Sulawesi Selatan. Yuk simak!

  1. Parakang

Parakang merupakan makhluk mistis yang bisa berubah wujud menjadi apa saja di sekitarnya, seperti binatang, pepohonan, dan lain-lain. Makhluk jadi-jadian ini tidak hanya mengganggu manusia, tapi juga tidak segan untuk membunuh para korbannya. Menurut cerita masyarakat sekitar, parakang awalnya adalah manusia biasa. Manusia tersebut menuntut ilmu hitam tertentu seperti pesugihan atau sejenisnya. Namun, di tengah-tengah ritual mereka gagal menyelesaikan beratnya tahapan. Karena itu, manusia dengan ilmu hitam yang tidak sempurna menempel di tubuhnya dan membuatnya berubah menjadi makhluk jadi-jadian. Selain itu, ada cerita yang menyebutkan bahwa ilmu parakang juga dapat diturunkan oleh orang tua kepada anak ataupun cucunya.

Konon makhluk ini dapat berubah kapan saja tanpa mengenal waktu siang atau malam. Kapanpun mereka menemukan mangsa, maka akan berubah seketika. Namun perubahan tersebut tidak serta merta dapat langsung dilihat oleh orang di sekitarnya, sebab sebenarnya hanya jiwa parakang yang keluar dari jasadnya. Sementara jasadnya sendiri ditinggalkan di suatu tempat dalam keadaan tertidur atau termenung. Biasanya orang yang yang menjadi incaran parakang adalah wanita yang sedang hamil, bayi yang baru lahir, dan orang tua lanjut usia. Tak jarang parakang juga kerap memangsa hewan ternak dengan cara menggerogoti perutnya, terutama bagian usus.

Ada pula cerita lain yang beredar, bahwa sebenarnya beberapa parakang tidak tahu jika dirinya adalah seorang parakang. Mereka biasanya akan kebingungan ketika tersadar dari tidurnya dan merasa jika perjalanannya saat mencari mangsa seolah sedang bermimpi.

Referensi pihak ketiga

2. Poppo

Cerita makhluk menyeramkan berikutnya yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan adalah poppo. Poppo adalah jenis makhluk jadi-jadian yang bisa terbang. Makhluk ini berubah dengan cara memisahkan kepala dengan tubuhnya, hampir serupa dengan palasik yang terkenal. Kisah Poppo juga hampir sama dengan parakang. Poppo sebenarnya adalah jelmaan dari manusia yang menuntut ilmu hitam, namun tidak sanggup menyelesaikan beratnya proses ritual. Menurut cerita yang beredar bahwa ilmu poppo dapat diturunkan seseorang kepada keturunannya.

Konon pada malam hari makhluk ini mencari tempat persembunyian di sekitar rumahnya untuk menyembunyikan tubuhnya kemudian keluar untuk mencari mangsa. Biasanya poppo terbang mencari buah-buahan, ikan, dan hasil kebun seperti jagung muda. Tak hanya itu, poppo juga senang mengincar wanita hamil, bayi yang baru lahir, dan orang yang sedang sekarat.

Saat terbang, makhluk ini mengeluarkan suara "pok pok pok". Menurut cerita jika suara poppo terdengar jelas, maka jaraknya berada jauh, namun saat suaranya terdengar kecil dan sayup maka anda perlu berhati-hati sebab poppo dianggap mulai mendekat.

Itulah sedikit kisah tentang dua makhluk mistis yang terkenal dan diyakini masih ada di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan hingga saat ini. Entah benar atau tidak cerita tersebut, namun baiknya kita senantiasa memohon perlindungan kepada Tuhan. Nah, menurut UCers mana yah diantara makhluk di atas yang paling menyeramkan?

Referensi:

Www.boombastis.com/makhluk-mistis-parangkang

Kumparan.com/creeps/parakang-hantu-dari-sulawesi-selatan

pojoksatu.id/news/hantu-paling-mengerikan-di-sulawesi-selatan

Topic: #binatang
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot