UC News

Meski Sering Disepelekan, Namun 4 Mitos Jawa Ini Ternyata Masuk Akal Lho

Meski Sering Disepelekan, Namun 4 Mitos Jawa Ini Ternyata Masuk Akal Lho
Referensi pihak ketiga

Tak dapat dipungkiri, kehidupan masyarakat Indonesia memang tak lepas dari mitos. Namun sayangnya, banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat namun tidak diketahui asal mulanya, sehingga mitos seringkali dianggap sepele.

Seperti yang dilansir tribunnews.com (24/05/2019) Khususnya orang Jawa, ada beberapa hal yang dekat dalam keseharian yang dipercaya pamali atau pantang dilakukan. Namun nyatanya, hal yang dianggap mitos tersebut ternyata memiliki sisi logis yang relevan lho! Apa saja itu?

Berikut diantaranya sebagaimana yang dilansir idntimes.com (23/05/2019) :

1. Jika wanita menyapu tidak bersih, nanti suaminya brewokan

Referensi pihak ketiga

Sebagian besar wanita zaman dulu menyukai pria yang wajahnya bersih bebas dari brewok. Mitos ini dibuat sebenarnya hanya untuk menakut-nakuti wanita agar saat menyapu bisa bersih. Brewok pada masa itu melambangkan hal-hal yang kurang bersih. Namun sebenarnya mitos ini masuk akal, karena jika anda malas membersihkan rumah, nanti anda juga akan menemukan jodoh yang pemalas, salah satunya malas membersihkan badannya, termasuk brewoknya.

2. Wanita yang suka makan sayap ayam susah dapat jodoh

Referensi pihak ketiga

Seperti yang kita ketahui, sayap ayam mengandung banyak lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan obesitas. Nah, sebagai pria tentu kita lebih menginginkan wanita yang langsing dan bebas dari jerawat. Benar nggak?

3. Kalau ke pantai selatan jangan pakai baju hijau atau biru

Referensi pihak ketiga

Alasannya sebenarnya cukup logis. Jika ke pantai menggunakan baju hijau atau biru, kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tenggelam atau hanyut terbawa ombak. Otomatis tim SAR akan kesulitan menemukan anda karena menggunakan pakaian yang warnanya hampir mirip dengan warna laut.

4. Dilarang mengambil makanan di meja makan sebelum orang tua mengambilnya terlebih dahulu

Referensi pihak ketiga

Mitos ini dibuat dengan alasan kesopanan. Masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa sangat menjunjung nilai kesopanan. Bagi mereka, tidak sopan jika mendahului orang tua makan. Intinya, mitos ini bertujuan agar bisa mendidik anak-anak untuk lebih menghargai orang yang lebih tua.

Bagaimana, masuk akal bukan keempat mitos di atas? Jadi intinya, jangan terlalu anti terhadap mitos. Karena masih ada mitos yang bertujuan baik untuk diri kita sendiri. Contohnya seperti mitos yang ada di atas. Hehe

Topic: #jawa
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot