UC News

Meski Terlihat Absurd Seperti Gambaran Bocah, Karya Seni Meme Ini Laku Dijual Rp69 Juta

Meski Terlihat Absurd Seperti Gambaran Bocah, Karya Seni Meme Ini Laku Dijual Rp69 Juta

Sketsa ini menampilkan Johnny Fiveaces, karakter foklor di internet jauh sebelum Facebook dan Twitter digunakan. Meme asli ini terjual dengan harga fantastis. Berasal dari 'sesuatu yang mengerikan', karakter tersebut digambar bersama dua lainnya sebagai ide untuk gim video 'berkualitas rendah'.

Meskipun permainan ditinggalkan, Fiveaces terus eksis di situs web sebagai lelucon sejak 2006. Johnny Fiveaces adalah seorang pria berjanggut yang berbaring di meja sambil memegang kartu as, dengan empat kartu lainnya.

Dia ditarik oleh James Kunert-Graf, dari Seattle, Washington, dan dimaksudkan untuk menjadi karakter permainan bernama The Zybourne Clock, yang telah di-brainstorming oleh anggota Something Awful.

www.bbc.com

Something Awful telah menyumbangkan banyak pengaruh, baik dan buruk, dalam budaya online - menjadi awal karya jurnalis Inggris Eliot Higgins sebagai Brown Moses dan Bellingcat dan telah melahirkan mitos urban Slenderman pada tahun 2009 - tetapi Zybourne Clock bukan salah satunya.

"Ini akhir 2006. Itu seperti setiap proyek di [Zybourne Clock] ternyata menjadi bencana yang tak terselesaikan. Ada banyak antusiasme," kata James.

"Ada aturan: Orang tidak boleh terlalu kritis atau terlalu negatif. Itu berarti pada dasarnya siapa pun yang memiliki keterampilan atau bakat dipecat. Semua orang dibiarkan membuat konten yang sangat berkualitas rendah," lanjutnya.

www.bbc.com

James mengatakan dia adalah seorang remaja yang bersemangat yang ingin terlibat dan pada awalnya tidak mendengar tanggapan atas gambar-gambar kontribusinya sampai orang-orang mulai mengolok-oloknya.

"Aku benar-benar ngeri. Orang-orang terus mem-posting tentang itu dan mem-posting-nya. Pada awalnya aku tidak mengerti apa yang lucu tentang itu," kata James.

Tapi olok-olok itu perlahan berubah menjadi penghargaan, ketika Johnny menelurkan fanart, fanfiksi dan cosplay, meluas ke YouTube dan Reddit.

"Setelah beberapa tahun, kau memiliki seni parodi, komik, dan lukisan yang rumit: Johnny sebagai Napoleon melintasi pegunungan, Johnny dalam penciptaan Manusia," lanjutnya.

www.bbc.com

Setelah mengungkap sketsa asli yang telah di-posting pada tahun 2006, James dipenuhi dengan permintaan untuk membelinya.

"Orang pertama yang menghubungi saya menawarkan $ 75 untuk itu! Itu tidak cukup bagi saya untuk berpisah dengannya karena saya masih memiliki hubungan sentimental dengan itu," jelasnya.

Namun, James mengatakan bahwa kartu kredit dan hutang pinjaman mahasiswa sudah cukup untuk melihat uang apa yang bisa dia dapatkan untuk gambar di eBay.

"Itu meledak dari $ 900 menjadi $ 4.000 dalam beberapa jam," tambah James.

Dan meskipun awalnya skeptis, ia telah mengkonfirmasi kepada BBC bahwa lelang gambar ini dimenangkan oleh YouTuber terkemuka Freddie Wong, yang menyebut gambar itu "seni murni".

James mengaitkan banyak perhatian yang diberikan kepada Johnny dengan Something Awful, dan pada 2010, karakter tersebut membuat video game kehidupan nyata di "Fallout: New Vegas".

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot