UC News

Misteri Suku Olmec, Meksiko yang Menghilang

Bangsa Olmec tersebar di beberapa wilayah Meksiko dalam kelompok-kelompok kecil. Di setiap daerah tempat tinggal mereka akan ditemukan beberapa bangunan inti yang berfungsi sebagai bangunan publik. Beberapa bangunan tersebut meliputi: bangunan untuk upacara keagamaan atau acara penting lainnya, gundukan rumah, piramida berkerucut besar, dan monumen batu berbentuk kepala manusia.

Misteri Suku Olmec, Meksiko yang Menghilang
Sumber: http://1.bp.blogspot.com/-kqHSi7lQSlQ/UPbM-FBmFDI/AAAAAAAAAHY/ExhwNVt1S5g/w1200-h630-p-k-no-nu/olmec3.jpg

Salah satu kemampuan terbesar bangsa Olmec adalah dapat memadukan dengan baik kesenian dengan arsitektur. Bangsa Olmec dapat membangun sebuah patung batu besar dengan ukiran yang cukup halus sebagai penunjang bagi kegiatan keagamaan mereka. Bangsa Olmec diketahui sering melakukan praktik pengorbanan manusia untuk persembahan terhadap para dewa. Bangsa Olmec memiliki sebuah bangunan piramida dengan ketinggian mencapai 30 meter. Bangunan tersebut dibangun sebagai media upacara untuk persembahan terhadap dewa kepercayaan mereka.

Sumber: https://assets.babe.news/assets/cache/0/0//gallery/0f64185ab955a5344e288b9383e80078/2017/06/12/olmecas-660x330-550x350.jpeg

Bangsa Olmec diperkirakan mengalami kemunduran sekitar tahun 400 SM setelah terjadinya perubahan di wilayah timur kekuasaan mereka. Akibatnya, wilayah tersebut tidak dapat dihuni oleh masyarakat Olmec. Selain itu juga terdapat aktivitas gunung berapi di wilayah mereka yang membuat mereka harus mengungsi untuk menghindarinya. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa mereka mendapat serangan dari suku di utara.

Sumber: https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-3n8rx-80oNk/T57IVd0rRDI/AAAAAAAASKg/Ui1kMg-d8Zk/s1600/1_16.jpg?w=450

Di tempat yang sekarang Veracruz dan Tabasco di dataran rendah tropis di selatan dan tengah Meksiko pernah menjadi peradaban Pra-Columbus besar yang membangun patung ‘Kepala Kolosal’ yang luarbiasa, mempraktekkan pertumpahan darah dan pengorbanan manusia, menemukan konsep angka nol dan pada dasarnya meletakkan dasar untuk setiap kebudayaan Mesoamerika selanjutnya. Peradaban Olmec bahkan mungkin telah menjadi peradaban pertama di belahan bumi Barat yang mengembangkan sistem tulisan, dan mungkin telah menemukan kompas dan kalender Mesoamerika. Bertanggal kembali ke sekitar 1500 SM, peradaban Olmec tidak ‘ditemukan’ oleh sejarawan sampai pertengahan abad ke-19. Keruntuhan peradaban ini mungkin disebabkan oleh perubahan lingkungan yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, gempa bumi atau mungkin praktik pertanian yangn merusak alam.

Demikian artikel kali ini, semoga memberikan infomasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi UCers, jangan lupa klik tombol "IKUTI" pada akun ini, nantikan artikel seru dan menarik lainnya, berikan komentar dengan sopan, No SARA dan rapi, terima kasih.

Pemilik hak cipta: AW Efendi

Sumber Artikel:

  • Review Pribadi
  • www.terselubung.in
Topic: #bumi
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot