UC News

Mobil Sering Lewat Jalan Beton? Ini Dampaknya Buat Ban

Mobil Sering Lewat Jalan Beton? Ini Dampaknya Buat Ban
Referensi pihak ketiga

Cintamobil.com-Banyak yang beranggapan jika mobil sering lewat jalan beton akan membuat ban mudah meletus dibanding melewati jalan aspal. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar, ada beberapa hal yang membuat ban meletus.

Beberapa ruas jalan di Indonesia kini lebih banyak menggunakan beton cor sebagai materialnya dibanding aspal. Apabila mobil sering lewat jalan beton tentu ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

Hal tersebut bisa timbul karena jalan beton tidak sehalus jalan aspal yang punya pori-pori halus dan lembut. Bagian yang sering terkena dampak ketika Anda melewati jalan beton adalah permukaan ban atau tapak ban.

Bahkan banyak anggapan yang muncul jika ban mobil akan cepat panas dan bisa meletus kalau mobil sering lewat jalan beton dengan kecepatan yang tinggi. Tentunya anggapan ini tidak seutuhnya benar.

Dampak Buat Ban

Referensi pihak ketiga

Jalan beton sengaja dibuat kasar untuk grip ke ban mobil

Jalan dengan permukaan beton memiliki kontur permukaan yang kasar dan keras. Namun jalan tipe ini juga memiliki alur yang diciptakan untuk mengatur drainase dan meredam kebisingan mobil karena permukaannya yang keras.

Permukaan jalan beton memang sengaja dibuat keras guna mendapatkan grip pada ban mobil yang melintas di jalan tersebut, karena aslinya permukaan beton itu licin. Nah resiko yang muncul jika mobil sering lewat jalan beton adalah bukan ban yang cepat meletus.

Permukaan telapak ban jadi lebih mudah aus ketimbang saat melewati jalan aspal. Tidak aneh karena memang telapak ban mobil didesain untuk kalah dari permukaan jalan supaya ban bisa mendapatkan daya cengkeram.

Ban Meletus Kalau Tapak Ban Sudah Aus

Referensi pihak ketiga

Ban meletus kalau tapak ban sudah aus

Ban mudah meletus bukan karena sering melintas di jalan beton, tetapi kalau Anda kurang memperhatikan kondisi tapak dari ban mobil Anda sendiri. Jika tapak ban sudah menunjukkan keausan dan tidak segera diganti, maka ban bisa mudah meletus.

Ban punya potensi meletus lantaran permukaan jalan akan bertemu langsung dengan anyaman baja yang berada di balik telapak ban. Padahal pada hakikatnya, anyaman baja tersebut tidak diciptakan untuk melakukan kontak dengan permukaan jalan.

Jadi kalau kondisi tapak ban mobil Anda baik-baik saja, walau mobil sering lewat jalan beton atau jalan aspal, maka mobil akan aman-aman saja. ( https://www.cintamobil.com )

Topic: #ban
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot