UC News

(Mobile Legends) Kupas Tuntas Skill Freya Revamp

(Mobile Legends) Kupas Tuntas Skill Freya Revamp

Sudah jadi tradisi bagi Mobile Legends untuk memodifikasi alias revamp Hero “senior” yang sudah lama dirilis. Biasanya, Hero tersebut dianggap jarang digunakan alias enggak terpakai di meta. Setelah Pharsa yang terakhir kali di-revamp, kini giliran Hero Fighter yang cuma bisa didapat setelah top-up Diamond, yakni Freya.

Revamp yang diberikan terhadap Freya terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dia merupakan salah satu Hero generasi pertama Mobile Legends, sama seperti Layla, Miya, Zilong, dan sebagainya. Terlebih, perubahannya bukan cuma pada tampilan, tapi juga keseluruhan skill yang dimilikinya.

Yap, perlu kalian catat, semua skill Freya mengalami perubahan. Untuk itulah KINCIR akan membahas penjelasan skill beserta mekanismenya. Akan dijelaskan juga bagaimana skill tersebut berpengaruh terhadap permainan dan analisis efektivitasnya terhadap meta. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Skill Pasif – Power of Einherjar

Setelah mengenai musuh dengan Basic Attack, Freya akan mendapat buff Attack Speed untuk tiga Basic Attack selanjutnya. Efek buff ini punya cooldown selama 8 detik.

Skill pasif ini juga memiliki efek stacking. Tiap tiga kali serangan, Freya akan mendapat satu stack “Sacred Orb” (maksimal tiga stack). Stack ini nantinya bisa meningkatkan kemampuan dari skill 1 dan 2 Freya. Setiap kali menggunakan skill aktif selain Ulti, stack Sacred Orb akan terpakai semua.

Analisis: Skill pasif baru Freya memang cukup rumit untuk dipahami. Namun, seenggaknya skill ini bakal lebih efektif ketimbang sebelumnya yang hanya menambah damage.

Efek skill pasif dari Freya revamp kali ini berfungsi sebagai buff yang cukup GG. Pasalnya, peningkatan Attack Speed di tiga kali Basic Attack bisa jadi sangat mematikan jika sang Hero sudah mengumpulkan seluruh item-nya.

Untuk efek stack, butuh pemahaman ekstra agar bisa digunakan secara efektif. Seperti yang sudah disinggung di atas, stack Sacred Orb akan terpakai semua begitu kalian menggunakan skill 1 atau 2. Jadi, agar damage bisa keluar maksimal, kalian harus benar-benar memperhitungkan pemakaiannya tergantung skill mana yang akan kalian gunakan.

Skill 1 – Leap of Faith


Freya akan melompat ke tempat yang ditentukan dan menimbulkan damage sebesar 200-300 (+75 Extra Physical Attack) kepada musuh. Selain itu, musuh akan sedikit tertarik ke area tengah tempat sang Hero mendarat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, efek Sacred Orb dari skill pasif akan meningkatkan jarak loncat serta memperbesar area efek. Damage-nya juga meningkat sebesar 120%/160%/200% (sesuai jumlah stack Sacred Orb).

Analisis: Skill ini sebenarnya tidak begitu berbeda ketimbang versi sebelum revamp, yakni sama-sama punya efek dash/blink dengan sedikit efek crowd control yang sebenarnya tidak begitu terasa.

Namun, hadirnya efek stacking pada skill pasif bikin skill ini jadi terasa lebih istimewa. Pasalnya, makin banyak stack yang kalian kumpulkan, damage, jarak loncatan, serta area efek skill ini jadi makin terasa.

Sayang, skill ini belum bisa dikatakan sempurna. Pasalnya, damage yang dihasilkan tidak begitu besar. Dari analisis KINCIR, skill ini butuh efek disable seperti stun atau knock untuk bisa disebut sebagai skill pembuka serangan yang baik.

Kekurangan lain dari skill ini adalah fungsinya yang kurang maksimal tanpa stack Sacred Orb. Tanpa stack, jarak lompatannya mendapatkan pengurangan. Begitu juga area serangannya yang makin sempit. Hal ini tentu mengurangi efektivitasnya sebagai inisiator serangan dan membuatnya jadi sedikit lebih lamban saat kabur atau mengejar musuh.

Skill 2 – Spirit Ward

Freya menyerang musuh dan memberikan damage sebesar 180-280 (+90% Total Physical ATK). Saat menerjang, dia akan mendapat shield sebesar 250 (+140 Extra Physical ATK).

Besinergi dengan efek stacking Sacred Orb, skill ini bisa digunakan lagi hingga tiga kali. Serangan tambahan tersebut akan mengalami peningkatan damage serta tambahan efek crowd control sesuai dengan jumlah Orb yang terkumpul.

Satu Orb memberikan efek Shield Bash. Serangan ini akan menimbulkan efek slow sebesar 50% selama 0,5 detik kepada musuh dengan damage yang sama dari sebelumnya.

Dua Orb menghasilkan efek Shock Wave. Freya akan lanjut menyerang dengan hentakan keras hingga membuat musuh terlempar ke udara selama 0,5 detik. Damage dari serangan ini masih sama dari sebelumnya.

Jika semua Orb terkumpul, serangan berikutnya adalah Hammer Crush yang menghasilkan damage dua kali lipat dari serangan pertama. Musuh pun akan terkena efek knock back.

Analisis: Di pertarungan, skill ini akan terasa sangat bermanfaat ketika kalian mendominasi musuh. Pasalnya, efek knock dan slow-nya akan menjadi pembuka serangan yang bagus untuk mengacak-acak formasi musuh.

Namun, jika tim kalian ketinggalan level dan net worth, skill ini seperti terasa tak ada gunanya. Damage-nya memang cukup terasa karena skill ini bisa menghasilkan maksimal empat kali serangan. Sayang, banyaknya efek jeda pada serangan membuat kemampuan ini tidak bisa menghabisi musuh dengan cepat.

Ironisnya, musuh dijamin akan menghabisi kalian terlebih dahulu sebelum kalian bisa menggunakan serangan terakhir. Terlebih jika lawan kalian adalah Hero dengan tipe burst damage seperti Ling atau Gusion. Jika saja saat efek jeda Freya mendapat imun damage atau crowd control, skill ini tentu akan lebih berguna.

Sedikit tips, kalian bisa manfaatkan efek serangan tambahan skill ini untuk clear minion. Meski tidak begitu cepat, damage yang dihasilkan terbilang cukup besar. Efek knock-nya juga bisa meminimalisir damage yang masuk ke turret saat membersihkan lane.

Skill Ulti – Valkyrie Descent

Freya bertransformasi menjadi prajurit suci Valkyrie selama 10 detik. Dia pun langsung mendapat tiga stack Sacred Orb setelah mengaktifkan skill.

Selain itu, sang Hero akan mendapatkan shield yang dapat menyerap 600-1000 (+200 Total Physical ATK) serta peningkatan 30-70 Physical ATK. Basic Attack juga mendapat peningkatan jarak serangan dan dapat memberikan efek splash damage.

Analisis: Skill yang hukumnya wajib kalian aktifkan saat war. Sebab, skill inilah yang membuat Freya jadi sangat kuat hingga bisa mengubah jalannya peperangan. Pasalnya, peningkatan damage dan efek shield-nya terbilang tidak masuk akal karena angkanya yang cukup besar.

Sedikit tips, sebelum memulai war dan mengaktifkan skill ini, kalian harus mengumpulkan tiga stack terlebih dahulu. Hal ini berguna agar jarak lompatan jadi lebih jauh dan luas area skill 1 jadi lebih maksimal untuk menginisiasi serangan.

***

Secara keseluruhan, revamp yang diberikan kepada Freya cukup menyegarkan permainan. Skill yang berubah secara keseluruhan membuatnya terasa seperti Hero yang benar-benar baru. Tentu hal ini jadi kabar baik bagi pemain yang telah memiliki sang Hero beserta skin-skin kerennya.

Walau begitu, kalau boleh jujur, perubahan tersebut masih belum cukup untuk menaikkan pamor sang kesatria suci ini. Pasalnya, mekanisme skill baru tersebut masih memiliki banyak kekurangan meski tidak bisa dibilang sama secara efektivitas dengan skill versi orisinal.

Jadi, apakah kalian merasa puas dengan Freya revamp? Ataukah kekurangan yang ada membuat kalian skeptis dan tetap enggak akan memakainya saat dirilis di server original? Share pendapat kalian di kolom komentar, ya. Ikuti terus KINCIR untuk mengetahui perkembangan selanjutnya seputar Mobile Legends!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot