UC News

MotoGP Austria 2019: Begini Cara Dovi Kalahkan Marquez

MotoGP Austria 2019: Begini Cara Dovi Kalahkan Marquez
Referensi pihak ketiga

Sebelum balapan MotoGP Austria berlangsung, rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso tahu bahwa ia harus melakukan hal “gila” untuk mengalahkan jagoan Repsol Honda, Marc Marquez di Red Bull Ring.

Drama sempat terjadi di lap awal, ketika Marquez salah mengerem di Tikungan 3, yang juga membuatnya dan Dovi turun ke urutan keempat dan kelima.

Dalam balapan, meski keduanya sempat keteteran, tapi begitu balapan berjalan lima lap, Dovi dan Marquez mulai meninggalkan rider lainnya, termasuk rookie Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo yang sempat memimpin di lap awal dengan gap setengah detik.

Setelah itu Marquez memimpin balapa, sebelum akhirnya disalip Dovi sembilan lap menuju finis, kemudian giliran Marquez yang memimpin balapan saat mengovertake Dovi tiga lap jelang balapan berakhir.

Setelah itu keduanya mulai saling menempel ketat, head-to-head hingga garis finis. Pada akhirnya Dovi berhasil menaklukkan Marquez di tikungan terakhir, lagi dan lagi!Ini menjadi duel keenam antara Dovi dan Marquez di tikungan akhir, lima diantaranya dimenangkan oleh Dovi dan Marquez hanya menang sekali.

“Kami tidak punya kecepatan yang sama dengan Marquez, kami melakukannya di sesi latihan tetapi dia biasanya mampu melakukan sesuatu di balapan, sehingga bahkan sebelum

Balapan saya tahu saya harus melakukan sesuatu yang gila untuk bertarung, dan kami melakukannya,” kata Dovi usai balapan kepada MotorSport Week.

Saya bisa memanfaatkan saat-saat ketika mencoba membuat gap, setelah itu sisi kanan ban Marquez mulai drop, yang menjadi alasan mengapa saya bisa bertarung sampai tikungan terakhir.

Dia lebih baik di zona pengereman dan tikungan yang lebih lambat, tapi dia tidak punya traksi yang sama dengan sisi kanan ban seperti saya di lap terakhir.

Saya dapat mengejar dan kemudian di tikungan terakhir saya melakukan sesuatu yang gila, saya tak dapat mengerem untuk mengehntikan Marquez, jadi saya hanya memikirkan apa yang bisa saya lakukan,” terang Dovi menjelaskan.

Lebih teknis, Dovi menjelaskan bagaimana ia bisa mengalahkan Marquez tepat di tikungan terakhir Red Bull Ring.

“Saya menikung dengan sudut sempurna di tikungan kedua-ke-terakhir dengan titik masuk dan keluar yang bagus, dan saya pikir dalam kasus terburuk saya akan melebar dan finis kedua.

Saya menginjak rem dengan sangat baik dan mampu bertahan di tikungan, jadi saya sangat senang menang seperti ini dan ini hasil yang bagus bagi saya,” seru Dovi senang.

Dovi menggunakan ban belakang kompon lembut, dan ia terkejut ban pilihannya bisa bertahan dengan baik hingga balapan usai, sedangkan Marquez menggunakan ban belakang kompon medium.

“Di tengah balapan ban saya sudah sampai limitnya, saya pikir saya tidak akan bisa menempel Marquez karena ban akan habis, tapi ban Marquez ternyata lebih cepat habis ketimbang saya, jadi ini pilihan yang tepat,” demikian ‘DesmoDovi’. 

Dilansir dari,rungansport.com

Topic: #marc marquez
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot