UC News

Ngeri 10 Hal Ini Jangan Pernah Kamu Googling, Membahayakan Nyawa?

Ngeri 10 Hal Ini Jangan Pernah Kamu Googling, Membahayakan Nyawa?

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran mesin pencari Google saat ini sangat membantu bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Bagaimana tidak, semua informasi yang kamu butuhkan hampir selalu tersedia di salah satu produk buatan Google ini.

Tapi kamu tahu nggak, sih, kalau ternyata ada beberapa hal berbahaya yang harus kamu hindari untuk dicari di Google lho.

Penasaran mau tahu apa saja hal-hal berbahaya tersebut? Yuk, simak artikel Jaka selengkapnya berikut ini!

Hal Berbahaya yang Harus Dihindari Untuk Dicari di Google

Meskipun saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, tapi berbanding lurus dengan itu, kini kejahatan dunia maya pun semakin marak terjadi.

Nah, untuk menghindari itu, berikut Jaka kasih beberapa hal berbahaya yang harus kamu hindari untuk dicari di mesin pencari Google.

1. Situs Dewasa

Hayo ngaku siapa yang masih sering buka situs-situs orang dewasa? Mulai sekarang mending jangan lagi deh, geng!

Meskipun dalam situs tersebut kamu mungkin akan mendapatkan kenikmatan sesaat, tapi ada banyak bahaya yang mengintai jika kamu sering membuka situs dewasa.

Salah satunya adalah potensi masuknya virus-virus berbahaya ke dalam perangkat gadget yang kamu gunakan.

Mungkin saja virus tersebut ada pada iklan-iklan pop-up yang nggak sengaja kamu klik, kemudian menjangkiti perangkat sehingga akan mengakibatkan bahaya lainnya seperti misalnya kehilangan data pribadi.

2. Media Sosial

Apa, sih, yang biasanya kamu lakukan untuk bisa login ke sebuah media sosial tertentu? Mengetik langsung URL yang ingin dituju? Atau justru mencarinya lewat Google?

Walaupun kedua cara itu sama-sama bisa membawa kamu ke halaman yang ingin dituju, tapi mengakses media sosial melalui pencarian Google rupanya memiliki risiko berbahaya.

Hal itu dikarenakan saat ini ada banyak situs berbahaya yang memiliki URL atau bahkan tampilan yang menyerupai dengan aslinya untuk melakukan tindak kejahatan.

Biasanya kejahatan yang dilakukan menggunakan teknik phishing yang akan berakibat pada kerugian bagi pengguna.

3. Nomor Customer Service Perusahaan

Mencari nomor customer service sebuah perusahaan melalui mesin pencari Google merupakan hal yang sudah sangat sering sekali kita lakukan.

Tapi, kamu tahu nggak, sih, kalau ternyata hal itu nggak cukup aman lho.

Meskipun Google memiliki hampir seluruh informasi yang kamu butuhkan, tapi nggak semua informasi tersebut valid sehingga kamu perlu lebih waspada dan berhati-hati lagi.

4. Situs Perbankan

Siapa di antara kamu yang masih mengakses situs perbankan melalui pencarian di Google? Mending jangan diulangi lagi deh, geng!

Memiliki risiko bahaya yang hampir serupa dengan mengakses media sosial melalui Google, mengakses situs perbankan lewat Google juga sangat nggak dianjurkan.

Sebaiknya jika kamu sudah mengetahui alamat URL lengkapnya, kamu langsung mengetikkannya saja agar lebih aman dan terhindar dari situs palsu berbahaya.

5. Aplikasi Antivirus Gratis

Segala sesuatu yang gratis memang lebih menggiurkan daripada yang berbayar, dan mesin pencari Google menyimpan banyak sekali aplikasi gratis di dalamnya, termasuk aplikasi antivirus.

Di google banyak sekali aplikasi antivirus palsu yang sengaja dibuat oleh scammer dengan tujuan untuk menjangkiti virus di gadget kamu.

Setelah gadget kamu terkena virus, mereka akan meminta tebusan uang agar gadget kamu pulih dari virus yang merea buat.

Tentunya kamu nggak mau dong dapat aplikasi gratisan tapi ternyata malah membahayakan keamanan perangkat dan data pribadi kamu?

Hal Berbahaya Lainnya...

6. Situs Belanja Online

Hal berbahaya selanjutnya yang harus kamu hindari untuk dicari di mesin pencarian Google adalah situs belanja online.

Saat ini kejahatan dunia maya sudah semakin marak terjadi dan bahkan mengarah kepada situs-situs belanja online yang kini banyak digemari.

Nah, untuk menghindari pencurian data pribadi atau bahkan ID banking pengguna, sebaiknya kamu langsung mengetikkan alamat URL yang ingin dituju, geng.

7. Situs Pemerintahan

Serupa dengan situs perbankan, situs-situs pemerintahan seperti situs pajak dan lainnya pun seringkali jadi target kejahatan para hacker.

Terlebih, terkadang cukup sulit untuk membedakan mana situs yang resmi atau palsu apalagi jika kamu masih awam

Oleh karena itu, sangat nggak disarankan untuk kamu mengakses situs pemerintahan lewat mesin pencarian Google.

8. Mencari Kupon Diskon

Kupon diskon kini bukan lagi jadi hal aneh yang banyak dicari orang di zaman yang serba canggih ini, geng.

Terlebih saat ini aplikasi pesan tiket, ojek online, atau booking hotel pun biasanya menawarkan potongan harga untuk kode kupon tertentu.

Tapi masalahnya adalah, banyak orang yang tertarik membeli kupon diskon di situs nggak terpercaya di Google dengan iming-iming harga murah.

Padahal, hal itu bisa saja berakibat pada pencurian data banking penggunanya lho.

9. Resep Obat

Bukan cuma informasi pengetahuan umum atau teknologi saja, saat ini internet juga banyak dimanfaatkan untuk mengetahui gejala sakit yang mungkin sedang dirasakan seseorang.

Hal itu biasanya mereka lakukan untuk mecari resep obat terbaik apa yang harus mereka minum.

Padahal sebenarnya hal ini sangat nggak disarankan karena bisa saja menimbulkan bahaya yang lebih parah bagi kesehatan tubuh kamu.

Alih-alih sembuh, bisa jadi nyawa kamu melayang karena kamu salah meminum resep obat tidak bertanggung jawab yang disebarkan di internet.

10. Panduan Tentang Saham dan Keuangan

Nggak jauh berbeda dengan kesehatan, panduan tentang saham atau keuangan pribadi seseorang juga merupakan suatu hal yang bersifat unik dan nggak bisa disamaratakan dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu nggak langsung percaya begitu saja dengan panduan finansial yang kamu temukan di Google.

Bisa jadi mereka adalah investasi bodong yang berpura-pura membuat website dengan tujuan agar kamu mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi 10 hal berbahaya yang harus dihindari saat melakukan pencarian di mesin pencari Google, geng.

Meskipun Google termasuk salah satu alat tercanggih yang ada saat ini, tapi kamu pun nggak bisa lantas percaya begitu saja dengan apa yang diberikannya.

Jaka sarankan kamu untuk mencatat situs-situs resmi yang kamu butuhkan dan langsung mengetikkannya di address bar browser kamu.

Baca juga artikel seputar Tips & Trik atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot