UC News

Nunung Akhirnya Klarifikasi soal 20 Tahun Pakai Narkoba

Orisinil

Dilansir dari Kompas.com - 23/07/2019, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Tri Retno Payudati atau Nunung (55) meluruskan masalah asumsi dia menggunakan narkoba sepanjang 20 tahun lebih.

Nunung memperjelas, 20 tahun waktu lalu ialah waktu dimana dia pertama-tama kenal narkoba. "Tujuan saya 20 tahun kemarin (gunakan narkoba), terus telah berhenti.

Nunung Akhirnya Klarifikasi soal 20 Tahun Pakai Narkoba
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (kanan) dan July Jan Sambiran (kiri) dihadirkan saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019).(KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG)sumber kompas.com

Tujuannya mulai 20 tahun kemarin serta berhenti 20 tahun kemarin," kata Nunung pada Jurnalis KompasTV Fristian Griec saat interviu eksklusif untuk Kompas TV, Senin (22/7/2019).

Waktu itu, Nunung baru mengawali profesi jadi komedian. Dia masuk dengan group lawak Srimulat.

Nunung akui dipengaruhi lingkungannya untuk coba-coba narkoba. "Jika itu (dampak) lingkungan seprofesi saja. Ya, saya ikutan saja," jelas Nunung.

Dia pada akhirnya sadar untuk berhenti memakai narkoba. Atas tekad sendiri, Nunung jalani rehabilitasi narkoba di Surabaya. Beberapa puluh tahun, Nunung sukses terlepas dari jerat narkoba.

Sejumlah barang bukti dari kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat pelawak Nunung dan suaminya July Jan Sambiran ditunjukkan di jumpa pers di Polda Metro Jaya, Senin (22/7/2019).(KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG)sumber kompas.com

Teratur Gunakan Narkoba 5 bulan kemarin

Sayangnya, Nunung kembali tertarik pada 5 bulan kemarin, persisnya Maret 2019. Penawaran kerja yang makin banyak membuat Nunung terpikir untuk menggunakan narkoba .

Lima bulan ini sebab mungkin saya kebanyakan mengambil pekerjaan yang sebenarnya fisik saya tidak sangat mungkin mengambil banyak pekerjaan," sebut Nunung.

Waktu itu, Nunung merasakan butuh dibantu dengan mengonsumsi narkoba. Nunung pada akhirnya teratur konsumsi narkoba tiap pagi sebelum mengawali kegiatan. Tetapi, dia salah besar. Narkoba nyatanya tidak membuat staminanya kuat untung jalani syuting sampai pagi.

Saya tetap ngantuk, tetap lelah, saya pulang lelah. Kata suami, 'Nah benar kan tidak ada untungnya, masih lelah.' Tetapi hati ini tidak dapat menantang," papar Nunung.

Nunung tetap berupaya sembunyikan rutinitas jelek itu dari keluarga besarnya. Tiap akhir minggu, Nunung jadi ibu serta nenek yang bebas dari narkoba.

Dia akui benar-benar tidak konsumsi sabu pada Sabtu serta Minggu sebab saatnya bergabung bersama dengan keluarga. Sepanjang libur lebaran tempo hari, Nunung sukses tidak sentuh barang haram itu.

Disuruh Suami untuk berhenti

Nunung bercerita, suaminya, Juli Jan Sambiran atau Iyan geram besar saat tahu dia kembali pesan narkoba. Sang suami berkali-kali minta Nunung berhenti.

Tetapi, berkali-kali juga Nunung cuma memberi janji palsu. Hingga kemudian, Iyan turut temani Nunung memakai narkoba.

Di hari ulang tahun Iyan pada 1 Juli lalu, Nunung menjelaskan suaminya itu cuma minta hadiah dia berhenti konsumsi narkoba.

Kembali lagi Nunung cuma mengucap janji hingga kemudian diamankan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di tempat tinggalnya di lokasi Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019) jam 13.15.

Nunung serta Iyan langsung digiring ke kantor polisi. Kedua-duanya dikatakan positif sabu berdasar hasil kontrol urine.

Dalam pengeledahan, polisi amankan tanda bukti berbentuk satu klip sabu seberat 0,36 gr. Tersisa sabu yang lain telah dibuang oleh Nunung ke kloset.

Nunung serta Iyan sekarang jalani penahanan di Rutan Polda Metro Jaya. Nunung akui menyesal tidak janji akan berhenti konsumsi narkoba untuk keluarga yang dicintainya.

sumber:kompas.com

Topic: #nunung #narkoba
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot