UC News

Nyaris Tembus Seribu Orang, Sebagian Besar Pendatang di Kelurahan Ciracas Hendak Jadi Buruh Pabrik

Nyaris Tembus Seribu Orang, Sebagian Besar Pendatang di Kelurahan Ciracas Hendak Jadi Buruh Pabrik
ARUS BALIK KA - Penumpang KA Matraremaja baru turun di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (2/7/2017). Pada hari ini 24.739 orang dan pucaknya pada hari Sabtu (1/7) 25.895 pemudik masuk kembali ke Jakarta. Warta Kota/henry lopulalan

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Bina Layanan Penduduk telah digelar sejak tanggal 14 Juni hingga 25 Juni 2019 kemarin di Kelurahan Ciracas.

Kegiatan itu dilakukan untuk mendata jumlah pendatang baru selepas musim mudik lebaran.

Kasatpel Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kelurahan Ciracas, Sriyono mengatakan jumlah pendatang baru di Kelurahan Ciracas nyaris menembus seribu orang.

"Alhamdulilah Bina Layanan Penduduk sudah selesai. Jumlah pendatang baru di Kelurahan Ciracas yang tercatat 987 jiwa, itu penduduk non permanen," kata Sriyono di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2019).

Meski tak mengingat pasti jumlah pendatang baru usai musim mudik di tahun 2018, Sriyono menuturkan ada sedikit penurunan.

Nantinya, 987 jiwa pendatang baru di Kelurahan Ciracas bakal mendapat surat keterangan penduduk sementara (SKDS) yang diberikan Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

"Dibanding tahun lalu jumlahnya hampir sama tapi ada penurunan. Untuk SKDS secepatnya diberikan," ujarnya.

Merujuk hasil pendataan yang dilakukan dari tingkat masing-masing RT tempat pendatang baru bermukim, dia menyebut kebanyakan pendatang hendak menjadi Buruh pabrik.

Pasalnya dibanding empat kelurahan lain di Kecamatan Ciracas, wilayah Kelurahan Ciracas jadi wilayah dengan jumlah pabrik ternama terbanyak.

Di antaranya pabrik NGK, Mustika Ratu, Khong Guan, Frisian Flag, Penerbit Erlangga, dan industri dengan nama beken lainnya.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan kebanyakan pendatang baru itu tertarik mengadu nasib di Ibu Kota setelah melihat kerabatnya lebih dulu sukses.

"Kebanyakan diajak sama saudaranya yang lebih dulu jadi pegawai di pabrik. Dari pihak pabrik kan mungkin juga enggak asal menerima pegawai baru, mungkin ada yang direkomendasikan sama pegawai lain," tutur Rikia.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Timur mencatat di tahun 2017 jumlah pendatang baru di Kelurahan Ciracas merupakan yang tertinggi di antara lima kelurahan di Kecamatan Ciracas.

Jumlah pendatang baru di Kelurahan Ciracas pada tahun 2017 sebanyak 1.411 jiwa, disusul Kelurahan Cibubur 1.326 jiwa.

Kelurahan Kelapa Dua Wetan tercatat 1.064 jiwa, Kelurahan Susukan tercatat 777 pendatang, dan Kelurahan Rambutan dengan 947 pendatang baru.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot