UC News

PUBG vs Free Fire, mana yang terbaik?

Apakah sobat ucers pernah memainkan PUBG atau Free Fire? kedua game ini sama-sama bergender battle royale yang tengah populer dikalangan gamers android, meskipun sebenarnya masih ada game dengan gender yang sama yakni rules of survival namun sepertinya lebih asyik jika kita membahas PUBG dan Free Fire dulu karena kedua game ini memiliki kesamaan yang cukup dekat.

PUBG vs Free Fire, mana yang terbaik?
Referensi pihak ketiga

Kita akan coba bandingkan kedua game ini dari berbagai parameter, baik dari sisi gameplay, grafik, fitur dan lainnya, ok sob kita langsung saja


1. Game Play

Referensi pihak ketiga

Dilihat dari sisi gameplay nya kedua game ini sama. karena memang memiliki genre yang sama juga. Kedua game akan diawali dengan terjun menggunakan parasut dari pesawat kemudian mencari loot bersiap untuk bertempur. Tujuan berikutnya dari kedua game ini juga sama, yakni untuk mempertahankan diri menjadi yang terakhir hidup.

Kesamaan lainnya dalam kedua game ini dengan adanya safe zone yang terus menyempit seiring berjalannya permainan. Players harus selalu ada di dalam lingkaran safe zone tersebut agar tetap aman serta siap duntuk menghadapi musuh.

Tetapi saat ini free fire sudah kurang asyik lagi, dikarnakan kurangnya penanganan cheater yang merajalela, Hal inilah yang menyebabkan game Free Fire menjadi tidak terlalu kompetitif dan tidak fairplay tentunya.

2. Map

Referensi pihak ketiga
Referensi pihak ketiga



Bagi yang pernah memainkan kedua game ini pasti tau betul game mana yang memiliki map lebih luas. PUBG memiliki map yang lebih luas dalam map in gamenya. Namun map yang luas juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, players lbih leluasa untuk Explore area pertempuran, tapi kendalanya players akan kesulitan menjangkau Safezone yang terus-menerus menyempit dari area posisi player yang berjauhan, dan alternatifnya ya harus menggunkan mobil guna menjangkau save zone agar tidak terkejar oleh Shrinking line .


3. Game Server.

Referensi pihak ketiga

Dalam parameter berikutnya kita coba lihat pada sisi Game Sever, saya mengakui Free Fire memang lebih unggul sampai Saat ini, server region Indonesia bahkan sudah tersedia. Sedangkan di PUBG Mobile sampai saat ini masih bertahan pada server Asia untuk menjangkau server yang terdekat. Dan adapun dua server lainnya malah lebih jauh yakni server Amerika Utara dan Eropa.

Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap ping dalam koneksi saat kita memainkan game. Semakin dekat server maka ping akan semakin kecil sehingga koneksi akan tetap lancar tanpa lag apalagi Connection Time Out.


4. Kualitas Grafis.

Referensi pihak ketiga
Referensi pihak ketiga

Dalam segmen grafis, Kedua game ini memiliki perbedaan dimana PUBG mobile lebih unggul dari Free Fire, Akan tetapi kalian akan menemukan kenyataan lain jika memainkannya dengan perangkat android yang tidak sesuai (spek Rendah) karena kualitas grafis pada game PUBG Mobile akan menurun jika dijalankan pada perangkat android dengan spek tersebut.

Hal ini berbeda dengan grafis pada game Free Fire yang akan tetap menarik walaupun dimainkan di perangkat android dengan spek rendah. Karena game Free Fire merupakan game bergender battle royale low-spec friendly. Contohnya saja jika kalian memainkan kedua game ini pada ponsel Samsung J5 Pro, Maka kalian akan menemukan dimana grafis game Free Fire terlihat lebih bagus dan dapat juga di set ke dalam mode Ultra HD. Nah Sedangkan di game PUBG, kalian akan merasakan kualitas grafis yang kurang baik karena mesti di set ke dalam mode Low Graphic dan hal ini akan menyebabkan turunnya frame rate.


5. Game Loot.

Referensi pihak ketiga


Referensi pihak ketiga

Kalau dilihat dari aspek yang satu ini tentu PUBG Mobile jauh lebih unggul. Karena didalam game PUBG Mobile, players akan mendapati berbagai jenis senjata yang disertai perlengkapan lainnya, juga item-item healing yang amat beragam.

Senjata yang tersedia pada game PUBG Mobile lebih banyak ragam dan jenisnya jika dibandingkan pada game Free Fire. Diantaranya ada SCAR-L,AKM,UMP-9, P92, R1895, UMP-9, Micro Uzi, Kar98K dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan satu lagi kelebihan PUBG yaitu memiliki Kapasitas Backpack yang lebih gede.


6. Kontrol Game.

Referensi pihak ketiga

Segmen kontrol sih sebenarnya sangat tergantung pada selera masing-masing players. Apabila lebihn yaman dengan kontrol yang sederhana dan mudah alias tidak terlalu ribet maka pilihannya game Free Fire, karena memiliki fitur auto-aim yang akan sangat memudahkan dalam membidik musuh. Dan apabila lebih menyukai tantangan maka pilihlah game PUBG karena di game ini, tidak terdapat sistem auto-aim dan recoilnya juga benar-benar terasa.

7. Kesimpulan

Overall, baik game PUBG maupun Free Fire kedua game battle royale ini sama menariknya untuk di mainkan. Pilihannya dikembalikan pada selera masing-masing. apabila kita merupakan pengguna ponsel low-spec, dan lebih memprioritaskan sisi kesenangan, maka pilihannya Free Fire saja. Akan tetapi, apabila kita suka tantangan dan kompetitif dalam mengasah skill mengontrol senjata (meskipun hanya didalam game), maka pilihannya adalah game PUBG Mobile.

Namun terlepas dari itu semua. Fanatisme akan membunuhnya, karena fanatisme hanya akan membangkitkan rasa angkuh dengan tetap mengunggulkan game yang kita mainkan meskipun pada kenyataanya berkata lain, Namun tetap sih yang di cari adalah rasa enjoy dalam bermain game.

Topic: #game pubg
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot