UC News

Para Arkeolog Terkejut Temukan Pesan di Bawah Makam Nabi Yunus di Irak

Para Arkeolog Terkejut Temukan Pesan di Bawah Makam Nabi Yunus di Irak
LiveScience

FMChannel – Para arkeolog temukan pesan didalam tulisan yang dibuat pada 7 prasasti yang sudah berusia 2.700 tahun, di dalam terowongan yang berada di bawah makam Nabi Yunus, yang terletak di Mosul, Irak.

Pada saat itu, para arkeolog sedang mendokumentasikan makam kuno yang berasal di kerajaan ninime dan para arkeolog memanfaatkan terowongan ini untuk kemudian mengadakan eksplorasi, memotret, dan kemudian menerjemahkan tulisan-tulisan yang terdapat di dinding dan benda-benda yang terbuat dari batu tersebut.

Dilansir dari LiveScience.com (06/05/2018) disana para arkeolog menemukan berbagai peninggalan dari masa lalu, termasuk prasasti-prasasti dari Zaman Neo-Assyria. Salah satu pesan di prasasti yang sudah diterjemahkan tersebut berbunyi:

“Istana milik Esarhaddon, raja yang kuat, raja dunia, raja Assyria, gubernur Babilonia, raja Sumeria dan Akkad, raja dari raja di Mesir Hilir, Mesir Hulu, dan Kush,” demikian dilansir dari Live Science.

Melansir dari laman dailymail.co.uk (04/08/2018) Dan Salah satu prasasti yang ditemukan dan di terjemahkan tersebut, ada yang menceritakan pemerintahan di wilayah kerajaan tersebut pada masa raja Esarhaddon.

"Aku mengepung, menaklukkan, menjarah, menghancurkan, dan membakar dengan api, dua puluh satu kota mereka bersama dengan kota-kota kecil di lingkungan mereka," demikian isi salah satu prasasti tersebut.

Para arkeolog telah mendokumentasikan penemuan mereka di dalam jurnal Iraq.

Topic: #api
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot