UC News

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Pasca Terpisah Selama 74 Tahun

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Pasca Terpisah Selama 74 Tahun

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Pasca Terpisah Selama 74 Tahun

Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara memang lumayan rumit, tapi walau bagaimana pun keduanya merupakan sebuah bangsa yang saling berbagi kebudayaan dari sejarah yang sama.

Setelah Perang Dunia II usai dan memisahkan kedua negara tersebut, masing-masing pemerintahan menjalankan sistem dan ideologi yang sangat bertolak belakang.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan Korea Selatan dan Korea Utara setelah 74 tahun terpisah? Berikut
perbandingannya:

1. Wajah Ibu Kota

Image source: flickr.com

Sebagaimana ibu kota negara pada umumnya, di Pyongyang terdapat banyak gedung pencakar langit. Salah satu bangunan paling ikonik di ibu kota Korut ini adalah Rugyong Hotel. Bangunan ini menjulang setinggi 330 meter dengan bentuk menyerupai piramida.

Image source: pinterest.com

Sedangkan potret di atas adalah wajah ibu kota Korea Selatan, Seoul. Seperti yang bisa kita lihat, Seoul juga memiliki banyak gedung pencakar langit. Di kota metropolis ini berdiri Lotte World Tower, bangunan tertinggi ke-6 di dunia dan tertinggi di Korea Selatan.

2. Kondisi Sungai Han

Image source: shutterstock.com

Karena letaknya berada di satu kawasan yang sama, ada sejumlah tempat yang menghubungkan langsung teritorial kedua negara, salah satunya Sungai Han. Kondisi sungai ini tampak terawat dengan baik, pemandangannya pun cukup indah.

Image source: sg2.gigih.net

Sungai ini memiliki peran penting dalam sejarah Korea. Pada 57 SM sampai 668 M, tiga kerajaan besar yang berkuasa di wilayah Korea yaitu Baekje, Silla, dan Goguryeo sempat terlibat persaingan untuk menguasai wilayah lembah Sungai Han. Wilayah yang diperebutkan itu merupakan rute perdagangan ke Tiongkok.

3. Pemukiman Penduduk

Image source: republika.co.id

Jumlah populasi Korea Utara dan Korea Selatan jelas berbeda sehingga mempengaruhi tata kelola pemukiman penduduk di kedua negara tersebut. Bahkan, suasana lingkungannya pun tampak berbeda. Di Korea Utara, warga sipil yang sudah menikah tinggal di apartemen yang telah disediakan pemerintah secara cuma-cuma.

Image source: pixabay.com

Lain halnya di Korea Selatan, tidak ada kewajiban bagi warga negaranya yang mengharuskan tinggal di apartemen pemerintah. Semua orang dibebaskan untuk memiliki rumah pribadi.

4. Pendidikan

Image source: bkpk.me

Standar wajib belajar di Korea Utara yaitu selama 11 tahun. Satu tahun pra jenjang sekolah, 4 tahun pendidikan dasar, dan 6 tahun pendidikan menengah. Setelah itu, siswa bisa memilih apakah akan dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak. Yang jelas, suatu hari mereka harus menjalani wajib militer selama 5 tahun.

Image source: walesonline.co.uk

Wajib belajar di Korea Selatan adalah selama 12 tahun. Sedangkan untuk wajib militer hanya berkisar antara 1 sampai 2 tahun saja. Baik Korea Selatan ataupun Korea Utara sama-sama maju dalam bidang pendidikan. Yang membedakannya hanyalah pengetahuan tentang dunia luar dan sistem pendidikannya itu sendiri.

5. Akses Internet dan Gaya Hidup

Image source: jaytindall.asia

Setiap hari kita bisa mengakses internet dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Tapi di Korea Utara internet adalah barang langka. Para remaja Korea Utara tidak bisa seenaknya mengakses internet sebagaimana remaja di Korea Selatan ataupun negara-negara lainnya. Mungkin untuk mencegah para remaja agar tidak terpapar pengaruh budaya luar, sehingga akses internet sangat dibatasi.

Image source: aminoapps.com

Imbasnya, gaya hidup masyarakat di kedua negara akan sangat berbeda. Pemuda di Korea Selatan bisa membeli barang-barang produk asing melalui internet, menonton film-film Hollywood, mendengarkan musik barat, dan lain sebagainya. Sedangkan pemuda di Korea Utara hanya boleh menerima apa yang sudah disediakan negara.

6. Ponsel

Image source: wsj.com

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CIA World Factbook via BBC, di Korea Utara terdapat setidaknya 3.2 juta unit ponsel. Dari sekitar 25 juta populasi Korea Utara, jika dibagi rata hasilnya hanya 1 dari 10 orang di Korea Utara yang memiliki ponsel!

Image source: cyberhactivist.wordpress.com
Sedangkan di Korea Selatan terdapat sekitar 59.9 juta unit ponsel. Melebihi jumlah populasi penduduknya sendiri yang terhitung sekitar 51 juta jiwa. Hal ini tentunya tak lepas dari faktor akses internet.

Cek juga artikel lainnya tentang Korea di bawah ini:

Articles

Dari potret-potret perbandingan di atas, kita bisa melihat bagaimana pemisahan Korea telah mengubah banyak hal di antara dua negara yang sejatinya berasal dari leluhur yang sama. Jangan lupa untuk mengikuti terus perkembangan info-info menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: Reddit

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot