UC News

Percaya Tidak? Teleskop Raksasa di Tiongkok Menangkap Sinyal Misterius Dari Ruang Angkasa

Percaya Tidak? Teleskop Raksasa di Tiongkok Menangkap Sinyal Misterius Dari Ruang Angkasa
Referensi pihak ketiga

Sebuah teleskop raksasa di Tiongkok bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope (FAST) baru-baru ini dilaporkan menangkap sinyal misterius yang dikenal dengan ledakan radio cepat (fast radio burst/FRB), merupakan gelombang energi singkat tapi kuat dari wilayah kosmos yang jauh.

Seperti dilansir dari laman nationalgeographic.grid.id, sinyal yang terdeteksi tersebut telah melalui perjalanan sekitar 3 miliar tahun cahaya melintasi alam semesta sebelum sampai ke Bumi.

Penemuan sinyal seperti itu sendiri sebenarnya bukan yang pertama, penemuan yang pertama terdeteksi pada tahun 2007 lalu dan setelah telah beberapa kali mendeteksi sinyal serupa.

Namun, meski telah dapat mendeteksi sinyal tersebut, para astronom tidak pernah tahu sinyal apa itu dan dari mana asalnya. Yang paling mungkin adalah, sinyal tersebut berasal dari lubang hitam atau bintang neuro bernama magnetar.

Menariknya, temuan FAST tersebut terjadi secara berulang. Para ilmuwan menamainya 121102 sesuai dengan waktu pertama kali ditemukan di Arebico Observatory.

Ziggy Pleunis, fisikawan dari McGill University yang telah membantu membuat detail tentang 8 FRB yang telah dideteksi, mengatakan penemuan itu sangat menakjubkan karena dapat mengetahui bahwa alam semesta dapat menghasilkan hal seperti itu dan para ilmuwan merasa ada hal penting di balik sinyal tersebut.

Topic: #angkasa
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot