UC News

Perempuan Hebat Ini Menolak Menaikkan Bendera Saat Proklamasi Karena Memakai Kebaya

Lahir pada tanggal 11 Mei 1012 di Surakarta, perempuan hebat berperawakan sedang cenderung kurus ini adalah salah satu tokoh penting dalam proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Perempuan Hebat Ini Menolak Menaikkan Bendera Saat Proklamasi Karena Memakai Kebaya
Referensi pihak ketiga

Bernama lengkap sebagai Surastri Karma Trimurti, atau yang lebih dikenal sebagai S. K. Trimuti atau S.K. Trimoerti, ini berprofesi sebagai wartawan, penulis dan guru Indonesia. Tokoh perempuan ini sangat berjasa karena ia adalah salah satu perempuan yang mengambil bagian dalam gerakan kemerdekaan Indonesia terhadap penjajahan oleh Belanda.

Referensi pihak ketiga

Bahkan kala itu seusai Sukarno membacakan sambutan dan Proklamasi, maka acara selanjutnya adalah pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih. Ketika itu mendadak terdengar suara seseorang memanggil SK Trimurti, aktivis pergerakan, untuk mengerek bendera. Namun merasa kurang pantas karena hanya berpakaian kebaya dan kain jarit beliau menolaknya. Ia merasa lebih baik orang yang menaikkan bendera haruslah berseragam. Dan ia memohon Latief (Hendraningrat) yang memakai seragam dari PETA untuk menggantikannya.

Referensi pihak ketiga

Kemudian Latief yang berseragam Peta (Pembela Tanah Air) pun segera maju sampai dekat tiang bendera. Menaikkan bendera bersama Suhud dan seorang perempuan yang membawa baki tempat bendera. mereka lalu menaikkan sang saka dengan diiringi lagu Indonesia Raya meskipun tanpa dirigen.

Sumber:

kumparan.com/potongan-nostalgia/s-k-trimurti-wartawan-perempuan-tiga-zaman

historia.id/politik/articles/perempuan-yang-hadir-di-proklamasi-kemerdekaan-v54Yo

aji.or.id/read/lainnya/680/sk-trimurti-award-2017.html

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot