UC News

Persoalkan Impor Ratusan Ribu Cangkul, Jokowi Minta Instansi Terkait Lakukan Hal Ini!

Indonesia memang negeri yang aneh. Sebuah negara agraris sekaligus penghasil sejumlah logam seperti besi dan nikel, ternyata pada tahun 2019 saja mengimpor ratusan ribu cangkul dari luar negeri. 'Puluhan ribu-ratusan ribu cangkul yang dibutuhkan masih impor,' ungkap Jokowi pada Peresmian Pembukaan Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di JCC, Rabu (6/11). 

Persoalkan Impor Ratusan Ribu Cangkul, Jokowi Minta Instansi Terkait Lakukan Hal Ini!
Referensi pihak ketiga

Jokowi juga memertanyakan, apakah Indonesia yang sudah berkembang industrinya, masih harus mengimpor cangkul. 'Enak banget itu negara yang barangnya kita impor!' seloroh Jokowi lebih lanjut. Menurut Jokowi, aktivitas impor berpotensi menghilangkan ruang untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

'Seharusnya pengadaan barang dan jasa di dalam negeri dapat dimanfaatkan untuk membangun industri-industri kecil yang berkaitan, semisal cangkul,' ujarnya sinis. Jokowi pun memberi arahan, agar harga murah bukan patokan utama. 'Saya lebih senang beli barang lokal, meski harganya sedikit lebih mahal,' tambahnya.

Pada bagian akhir pidatonya, Jokowi meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) agar memersulit, atau bahkan menyetop impor barang-barang seperti itu. 'Saya minta LKPP untuk memprioritaskan produk dengan komponen lokal yang sangat tinggi,' ujarnya. 'Persulit barang impor itu. Setop lah!' lanjutnya.


Sumber artikel :

cnnindonesia.com/ekonomi/20191108175432-92-446739/tak-pernah-keluarkan-izin-kemendag-duga-impor-pacul-ilegal

Topic: #joko widodo
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot