UC News

Pertempuran Tank Terbesar Sepanjang Sejarah

Pertempuran Tank Terbesar Sepanjang Sejarah
sumber foto : whisperid.blogspot.com

Pertempuran Kursk merupakan titik balik yang menentukan peran Soviet dalam perangnya melawan Jerman di Perang Dunia Kedua. Pertempuran ini terjadi di Front Timur dekat kota Kursk sekitar 450 kilometer barat daya kota Moskow.

Pertempuran tersebut dimulai saat Hitler memerintahkan serangan dengan nama Operasi Citadel yang bertujuan merubah peta perang di Front Timur setelah kekalahan Nazi di Pertempuran Stalingard.

sumber foto : jejaktapak.com

Operasi Citadel dimulai subuh tanggal 5 Juli saat satuan satuan divisi Panzer dengan Tank Tiger dan Panther yang baru dengan bantuan satuan infantri dari Divisi Waffen-SS merangsek masuk ke daerah pertahanan Uni Soviet dan mengepung sisi utara dan selatan.

sumber foto : tirto.id

Pertempuran sporadis terjadi di berbagai front di Kursk. Kemajuan serangan dari Jerman sangat lambat karena perlawanan sengit dari Uni Soviet dengan ranjau, tank T-34 serta barisan infantri yang didukung tembakan artileri.

Karena pasukan Jerman tertahan, Uni Soviet melakukan serangan balik yang dinamakan Operasi Kutuzov pada 12 Juli. Disinilah terjadi pertempuran tank terbesar yang melibatkan lebih dari seribu tank dari kedua pihak.

Tank Tiger I, sumber foto : historiavera.com

Dalam pertempuran, Tank Tiger I milik Jerman lebih unggul, karena dapat menghancurkan tank T-34 milik Soviet dari berbagai jarak maupun sudut. Tank Panther yang baru milik Jerman tidak terlalu memiliki peran karena 50 persen Tank Panther lebih banyak mentghabiskan waktu untuk perbaikan daripada bertempur.

Tank T-34, sumber foto : nationalinterest.org

Sedangkan, meriam 76 mm milik Tank medium T-34 milik Soviet hanya bisa menembus perisai baja Tank Tiger I milik Nazi dari jarak dekat. Untuk mensiasatinya, pihak Soviet menyerbu tank Tiger I dan menghancurkannya dari dekat secara bersamaan.

sumber foto : perangdunia128.blogspot.com

Serangan balik Soviet berbuah positif dengan berhasil memukul mundur barisan serangan Jerman ke titik semula.

Dari banyaknya unit tank yang dikerahkan di pertempuran ini oleh kedua belah pihak. Besar juga jumlah kerugian yang diderita oleh Jerman maupun Soviet. Pada saat Operasi Citadel, Jerman mengerahkan 2.400 lebih tank dan Soviet bertahan dengan hampir 5000 tank. Sedangkan pada saat, Soviet melakukan counter-offensive, mereka mengerahkan 8.200 tank sedangkan Jerman mengoperasikan 2.700 tank dari divisi cadangan.

sumber foto ; jejaktapak.com

Kerugian yang diderita yaitu Jerman kehilangan hampir 800 tank, 200 pesawat tempur, dan sekitar 50.000 tentara yang terbunuh atau terluka. Kerugian Soviet yaitu kehilangan 6000 tank, 1.500 pesawat tempur, dan 250.000 tentara terbunuh atau terluka.

Walau kerugian Soviet lebih besar, namun Soviet mampu mengganti kerugiannya dengan cepat sedangkan Jerman tidak. Sehingga, pertempuran Kursk merupakan kemenangan strategis bagi Soviet yang menentukan jalan perang selanjutnya.

Referensi sumber

en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Kursk

tirto.id/nazi-jerman-dikalahkan-uni-soviet-di-pertempuran-kursk-cr1e

www.kaskus.co.id/thread/52e0e8f0fcca17617900011f/kursk-pertempuran-tank-terbesar-dalam-sejarah/

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot