UC News

Pesona Alam yang Tersimpan di Kebumen

Mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai, bukit, sampai waduk menjadi pilihan wisata di Kebumen

Pesona Alam yang Tersimpan di Kebumen
Foto: (Instagram/explore_kebumen)

MajalahKartini.co.id – Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini memang belum terlalu populer seperti daerah lain di Jawa Tengah, contohnya Semarang, Wonosobo dan Solo. Namun jangan salah, Kebumen ini menyimpan pesona alam yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai, bukit, sampai waduk pun ada di Kebumen. Wisata Kebumen masih tergolong asri alami dan tidak sepadat tempat wisata di daerah lainnya. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri karena pengunjung bisa menikmati panorama alam Kebumen secara lebih leluasa, tenang, dan nyaman.

Baca Juga: Tiga Tempat Menakjubkan yang wajib Anda Kunjungi di Manado, Selain Bunaken!

Berikut 8 pesona alam di Kebumen yang wajib dikunjungi:

1. Curug Sindaro

Terletak di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Curug atau air terjun setinggi sekitar 25 meter ini menawarkan pesona keindahan alam daerah hilir aliran sungai.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

2. Bukit Pentulu

Tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi berkemah. Lokasi ini menjadi banyak incaran wisatawan karena menyuguhkan pemandangan yang indah. Selain tempat berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti fasilitas outbond dan flying fox.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

3. Waduk Sempor

Waduk ini merupakan pusat irigasi bagi para petani setempat. Kalau mampir ke sini akan disambut udara yang sejuk serta pemandangan pepohonan yang bikin hati damai. Waduk Sempor pun memfasilitasi penyewaan perahu bagi yang ingin mengelilingi waduk.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

4. Goa Barat

Gua ini juga punya julukan Gua 100 Air Terjun. Bagi yang ke sini akan menjumpai berbagai stalagtit, stalagmit, dan pemandangan memukau lainnya. Pastikan ditemani pemandu wisata dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

5. Pantai Surumanis

Pantai ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba. Karena medan menuju ke sana cukup ekstrem dan penuh tantangan. Wisata Kebumen ini bisa menikmati pantai layaknya pantai pribadi.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

6. Benteng Van Der Wijck

Mungkin pernah mendengar nama Benteng Van Der Wijck di salah satu mata pelajaran sekolah. Benteng ini merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng ini bisa dijadikan ajang untuk belajar banyak tentang sejarah Indonesia, terutama saat zaman kolonial.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

7. Pantai Lampon

Kalau ingin mendengar desiran suara ombak yang menghantam karang dengan lebih jelas, mampir saja ke Pantai Lampon di Kebumen. Layaknya pantai pribadi, bisa menikmati suasana hangat sembari menikmati panorama laut yang indah tanpa kebisingan. Dataran hijau yang mengelilingi pantai tampak begitu memukau.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)

8. Pantai Meganti

Pantai Meganti sering disebut dengan pantai Selandia Baru. Keindahannya tak berbeda jauh dengan pantai di sana. Pantai Meganti langsung berbatasan dengan Samudera Hindia pada sisi sebelah selatan. Sementara pada bagian utara, Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Di mana panjang garis pantai di wilayah Kebumen hampir mencapai 53 kilometer.

Foto: (Instagram/explore_kebumen)


Topic: #kebumen
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot