UC News

Polres Sekadau Amankan Pelaku Pencurian di Siang Bolong

Polres Sekadau Amankan Pelaku Pencurian di Siang Bolong

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Satuan Reskrim Polres Sekadau berhasil mengamankan Saifudin (S) (21) yang diduga sebagai pelaku pencurian di sebuah rumah kontrakan, Dusun Pangkin KM 7 Kecamayan Sekadau hilir. S berhasil diamankan petgas pada Sabtu (8/7/2017) sekitar pukul 16:00 WIB.

S diamankan usai kepergok warga saat melancarkan aksinya dan berhasil kabur dengan membawa barang-barang hasil curian. Kasat Reskrim Polres Sekadau IPTU M. Ginting menuturkan, S berhasil diamankan pada hari tu juga usai mendapat laporan dari masyarakat.

“Langsung kita amankan pada hari itu juga, setelah warga melapor ke kita adanya pencurian. Pelaku menjalankan aksinya siang hari, dan pada sore harinya sudah behasil kita tangkap,’ ujarnya Minggu (9/7/2017).

Dari penuturan pelaku, Ginting mengatakan, kejadian bermula saat S yang berasal dari Sp 5 Pandan Kabupaten Sintang, kedapatan melakukan aksi pencurian di rumah kontrakan milik korban atas nama Kojrat, yang ditinggal mudik ke pulau Jawa.

Namun, Retno (39) satu diantara warga sekitar yang melihat menuturkan, sekitar pukul 12.00 WIB  S datang dari Sintang dan turun dari bus di depan rumahnya, hendak bermaksud mencari suami Retno, namun pada saat itu suaminya sedang tidak berada di rumah.

“Si pelaku ii lalu pergi ke rumah kontrakan korban yang berdekatan dengan rumah si saksi. Melihat kondisi rumah korban yang kosong, timbul niat S untuk melakukan pencurian di rumah tersebut. S lalu mencongkel pintu belakang rumah korban dengan menggunakan linggis dan mengambil barang-barang milik korban dan membungkusnya dengan kain seprei warna merah,” jelas Ginting.

Saat S keluar membawa barang hasil curiannya, lanjut Ginting, di jalan S bertemu dengan suami Retno. Karena sudah saling mengenal, suami dari Retno pun tidak merasa curiga ketika S mengatakan bahwa barang dalam bungkusan kain tersebut adalah miliknya yang hendak dijual.

Namun, Retno sang istri yang semula memang melihat S datang tanpa membawa apapun mengenali kain seprei yang digunakan pelaku untuk membungkus barang curian itu adalah milik tetangganya.

“Saksi kemudian berteriak memanggil pelaku, tapi pelaku malah melarikan diri. Lalu saksi bersama sejumlah warga melakukan pengejaran terhadap pelaku, dan tertangkap di Jalan Sekadau-Sintang KM 9,” katanya.

Usai ditangkap, warga kemudian melaporkan ke polres Sekadau. Tidak lama kemduan anggota Sat reskrim Polres Sekadau lasngusng terjun ke lokasi, dan ,membawa pelaku ke Mapolres. Tersangka diamankan berikut barang bukti pencuriannya yakni sebuah DVD, receiver TV dan remote nya, helm motor serta parang panjang dan kain seprei warna merah yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi Editor: Rizky Zulham
Topic: #mudik
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot