UC News

Poseidon, Saudara Kandung Zeus yang Menguasai Lautan

Poseidon, Saudara Kandung Zeus yang Menguasai Lautan
Unnaturalworld.fandom.com

Darinfo68 – Sudah tau siapa itu Poseidon? Ia adalah seorang dewa dari mitologi Yunani yang selalu digambarkan dengan perwujudan badan berotot, berjanggut dan tidak pernah terlepas dari trisula. Nampaknya gambaran mengenai Poseidon seperti Neptunus yang ada pada serial kartun SpongeBob Squarepants, dan faktanya Neptunus adalah nama lain dari Poseidon.

Diceritakan bahwa Poseidon adalah saudara kandung dari dewa Zeus, ia adalah anak dari Titan Kronos dan Rhea. Dipercaya pula bahwa Zeus dan Poseidon pernah bersekongkol untuk melawan Kronos, ayahnya sendiri. Mereka melakukan pertarungan sengit, dengan kekuatan hebat dari Poseidon dan Zeus akhirnya Kronos dikurung di Tartaros.

Poseidon dianggap sebagai salah satu dewa utama bersama Zeus dan Hades. Setiap dewa tersebut memiliki kekuasaan yang berbeda, Zeus dengan kekuasaannya terhadap cuaca dan penjaga langit, Hades adalah dewa yang memiliki kekuasaan dalam mengawal orang mati, sedangkan Poseidon sendiri adalah dewa air, ia menguasai sungai, danau, dan lautan bahkan berkuasa atas gempa bumi di seluruh jagad raya. Uniknya pembagian tugas dari para dewa tersebut dilakukan dengan undian, ketika Poseidon, Zeus dan Hades berhasil mengalahkan Kronos, selanjutnya mereka berbagi tugas untuk seluruh alam.

Dengan kekuatannya yang sangat luar biasa, ia bisa membuat bencana alam semacam tsunami dengan hanya bermodalkan trisulanya. Hidup di Istana Aigeria bersama istrinya, yakni Amphirite dan beberapa dewa lain seperti Triton dan Nereid. Dalam kepercayaan mitologi Yunani, dewa-dewa tersebut banyak disembah oleh para nelayan dan pelaut.


Sumber: diolah dari Bobo.id, Duniaku.net, dan TahuPedia.com (akses 11/08/19).

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot