UC News

Prabowo: Anggaran Pertahanan Kita Paling Kecil di Asia Tenggara

Prabowo: Anggaran Pertahanan Kita Paling Kecil di Asia Tenggara

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengatakan, anggaran untuk pertahanan di Indonesia adalah yang paling kecil bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

Bahkan, menurut Prabowo, anggaran untuk pertahanan di Indonesia tidak sampai 1 persen dari Gross Domestic Product (GDP).
"Jadi anggaran kita di Asteng terkecil dibanding negara tetangga kita. Kita tidak sampai satu persen dari GDP kita, dari produksi domestik kita. Kita baru sekitar 0,8 persen," kata Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Selasa (3/12/2019).
Mantan Danjen Kopassus itu mengungkapkan, negara-negara tetangga di Asia Tenggara memiliki anggaran yang cukup besar untuk pertahanan.
"(Negara) tetangga-tetangga kita ada yang tiga persen," ujarnya.
Untuk itu, ungkap Prabowo, dirinya akan terus memperjuangkan agar anggaran pertahanan bisa lebih baik di masa depan. Dengan, begitu, lanjut Prabowo, kekuatan tempur yang dimiliki Indonesia akan semakin baik dan diperhitungkan, khususnya di wilayah kawasan.
"Jadi ini yang sedang saya perjungkan supaya kita juga bisa anggaran ditingkatkan untuk menjamin kedaulatan kita, menjaga wilayah kita, mengamankan kekayaan kita supaya tidak dicuri bangsa lain," tegasnya.
Terkait dengan prioritas alutsita yang akan didatangkan oleh Kemhan, Prabowo enggan mengungkapkan lebih rinci.
"Prioritas ya ada, tidak akan saya sampaikan ke kalian (wartawan). Ini banyak mata dan telinga di sini," tandasnya.
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot