UC News

Program Normalisasi Sungai Di Jakarta Ternyata Mandek Sejak 2018

Program Normalisasi Sungai Di Jakarta Ternyata Mandek Sejak 2018
Salah satu sungai di Jakarta. Sumber gambar: detik.com

Proyek normalisasi kali Ciliwung jadi sorotan setelah banjir berkali-kali merendam Jakarta sejak awal tahun ini. Pasalnya, proyek ini menjadi salah satu program antibanjir di Jakarta.

Yang jadi masalah proyek ini justru mandek sejak tahun 2018, sehingga tidak maksimal meminimalisir banjir yang terjadi. Dari catatan detikcom, dihimpun Jumat (28/2/2020) normalisasi baru selesai dilakukan pada 16 km bantaran kali dari target total 33 km.

Proyek normalisasi pertama kali dicetuskan oleh Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal ini dilakukan sebagai langkah menanggulangi banjir besar pada 2012.

Proyek normalisasi pun berjalan sejak Desember 2012, namun memasuki tahun 2018 proyek ini mandek karena pembebasan lahan berhenti dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Normalisasi sendiri dilakukan karena mengecilnya kapasitas sungai di Jakarta. Banyak hal yang menyebabkan menyempitnya sungai, mulai dari pendangkalan dan penyempitan badan sungai, dinding yang rawan longsor, hingga penyalahgunaan untuk permukiman.

Sumber; www.detik.com/normalisasi-banjir-jakarta/

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot