UC News

Proyek KF-X/IF-X siap pantau langit Indonesia

Proyek KF-X/IF-X siap pantau langit Indonesia
Referensi pihak ketiga

Pengembangan proyek pesawat tempur hasil kerjasama Indonesia dengan Korsel ini mengalami kemajuan. KF-X/IF-X(Korean Fighter Xperiment/Indonesian Fighter Xperiment) yang sudah terlihat dalam bentuk prototype rencana akan diproduksi di tahun 2019 ini dan akan tampil di tahun 2020 nanti. “Sesuai rencana, prototipe KFX/IFX akan ‘roll out’ pada tahun 2020, dan akan terbang perdana pada 2021,” kata Kepala Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan Anne Kusmayati, di Jakarta, Jumat, (28/7/2017).

Referensi pihak ketiga

Namun pembangunan proyek memiliki sedikit kendala dari AS dalam pemenuhan beberapa suku cadang. dalam pengembangan pesawat tempur KFX/IFX ini masih terkendala sedikitnya empat komponen inti teknologi yang ditolak oleh Amerika Serikat, yakni “electronically scanned array” (AESA) radar, “infrared search and track” (IRST), “electronic optics targeting pod” (EOTGP) dan “radio frequency jammer”. Termasuk, “technical asisstance agreement” (TAA) dari AS.

“Tapi itu tidak masalah, Korsel akan bekerja sama dengan negara-negara Eropa untuk mengembangkan empat teknologi itu. Ada kesepakatan dari Korea, bila mereka sudah bisa memproduksinya, mereka akan memberikan teknologi itu ke kita atau mengizinkan kita untuk menggunakan teknologi tersebut,” ujar Anne Kusmayati.

Topic: #fighter #radar
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot