UC News

Realme 6i Resmi Rilis! Smartphone Pertama dengan Chipset Helio G80 SoC

Baru dua bulan lalu Realme merilis seri 5i, perusahaan kini sedang bersiap-siap untuk meluncurkan generasi penerusnya, yakni Realme 6i yang diperkuat dengan chipset terbaru dan quad kamera 48MP!

Tak perlu menunggu waktu lama, perusahaan berbasis di Tiongkok ini sudah meluncukan smartphone terbarunya bertajuk Realme 6i di Myanmar. Yang paling mengejutkan adalah smartphone ini mendapatkan peningkatan cukup besar dibandingkan dengan generasi pendahulunya, yakni Realme 5i. Apa saja? Berikut ini Priceprice.com sajikan di bawah!

Daftar Indeks

  • Tentang Realme 6i
    • Layar
    • Kamera
    • Prosesor dan Memori
    • Baterai
    • Bodi dan Fitur Lainnya
    • Sistem Operasi dan Konektivitas
  • Kelebihan dan Kekurangan Realme 6i
  • Harga dan Tanggal Rilis di Indonesia
  • Realme 6i Secara Keseluruhan

Tentang Realme 6i

Layar

Realme 6i Resmi Rilis! Smartphone Pertama dengan Chipset Helio G80 SoC

Realme 6i hadir dengan dukungan panel IPS LCD capacitive touchscreen yang membuat layar perangkat ini memiliki color gamut lebih baik dan mampu mengeluarkan warna lebih natural. Smartphone ini sendiri berukuran 6,52 inci dengan resolusi sebesar 720 x 1600 pixels dan aspek rasio 20:9 yang mengagumkan. Membuatnya menjadi salah satu smartphone mid-range dengan bazel super tipis.

Tak hanya itu, perangkat ini juga sudah diproteksi dengan teknologi kaca Corning Gorilla Glass yang membuat smartphone mampu untuk menahan gesekan atau benturan kecil jika pengguna tidak sengaja menjatuhkan perangkat. Walau begitu di sektor layar, Realme 6i masih identik dengan pendahulunya.

Kamera

Peningkatan barulah ada di sektor kamera, yang dimana Realme 6i menggunakan modul quad kamera dengan sensor utama di kamera belakangnya sebesar 48MP! Ini menandakan terjadi peningkatan besar-besaran dari seri Realme 5i yang hanya 12MP saja. Tetapi sayangnya, masing-masing lensa ternyata masih membenamkan ukuran sensor yang sama.

Kamera utama pada Realme 6i datang dengan ukuran lensa 48MP untuk lensa wide, 8MP untuk lensa ultrawide, 2MP untuk lensa macro, dan 2MP untuk lensa depth. Kamera juga mampu untuk merekam video beresolusi 2160fps/@30fps dan 1080p@30fps dengan dukungan fitur gyro-EIS.

Di bagian kamera depan, smartphone ini membenamkan lensa berukuran 16MP lebih besar dua kali lipat dibandingkan Realme 5i yang hanya bermodalkan kamera selfie 8MP saja. Kamera khusus swafoto ini pun bisa merekam video berukuran 1080p@30fps.

Pada akhirnya, sektor kamera merupakan nilai lebih dan keunggulan utama pada Realme 6i!

Prosesor dan Memori

Inilah sektor yang menjadi perbincangan banyak orang dan penggiat gadget. MediaTek Helio G80 dipilih sebagai jeroan untuk Realme 6i. Tapi sebenarnya sejagoan apa sih chipset satu ini?

Dilansir situs resmi MediaTek, chipset Helio G80 merupakan prosesor yang dikhususkan untuk bermain game, yang berarti chipset ini ideal digunakan untuk melakukan kegiatan komputasi kelas berat. Mesin dalam chipset ini sudah memiliki sepasang CPU ARM Cortex-A75 yang super kuat dan mampu beroperasi hingga kecepatan clock 2GHz.

Tidak hanya itu, Helio G80 juga sudah dikombinasikan dengan prosesor grafis Mali-G52 MC2 yang dapat meningkatkan performa Realme 6i hingga 950MHz dan bisa memberikan pengalaman bermain game yang sangat responsif. MediaTek mengklaim bahwa chipset terbarunya ini dapat menjalankan game-game kelas berat dengan performa lebih halus.

Nah di sektor memorinya, Realme 6i ini menggunakan tipe eMMC 5.1 yang kecepatan rata-ratanya mencapai 400 Mbps nyaris setara dengan kecepatan SATA SSD. Smartphone ini pun memiliki dua varian, antara lain RAM 3GB + ROM 64GB dan RAM 4GB + ROM 128GB.

Baterai

Realme 6i memiliki kapasitas baterai tahan lama nan raksaksa yakni sebesar 5.000 mAh dan ini pun sudah didukung dengan kemampuan Fast Charging 18W. Tidak ada peningkatan berarti di sektor ini jika dibandingkan dengan Realme 5i.

Meskipun begitu, perangkat ini sudah pasti aman dan bakal jadi idaman bagi pengguna dengan mobilitas tinggi dan tidak mau repot membawa power bank atau mencari colokan untuk charging. Ini adalah perangkat paling mumpuni dan dikatakan tahan hingga 39 hari waktu stand-by!

Bodi dan Fitur Lainnya

Belum ada keterangan lebih jauh terkait dimensi dan bobot pada smartphone ini, tetapi diprediksikan tidak jauh berbeda dari Realme 5i, bisa saja lebih besar dan berat sedikit atau sebaliknya.

Sementara itu, Realme 6i menggunakan material kaca di layarnya dan plastik untuk bodi belakang serta frame-nya. Ini sedikit mengecewakan karena banyak yang menduga-duga di seri terbaru ini, Realme bakal lebih "premium" dan "berani" dengan menggunakan material kaca di bodi belakangnya. Menariknya, perangkat ini juga sudah diperkuat dengan dukungan splash resisten atau tahan cipratan air.

Untuk pilihan warna, Realme 6i hadir dengan varian warna White Milk dan Green Tea.

Sistem Operasi dan Konektivitas

Sistem operasi (OS) pada Realme 6i merupakan versi terbaru yaitu Android 10 dengan antarmuka Realme UI. Dengan begitu, perangkat ini memiliki fitur-fitur andalan berbasis Android. Misalnya Privacy Control, fitur yang mengizinkan pengguna untuk menentukan kapan dan bagaimana data dalam perangkat dapat dibagikan. Ada juga fitur Digital Wellbeing yang jadi favorit generasi milenial dan z, karena dengan fitur ini pengguna bisa mengatur waktu mereka menggunakan media sosial.

Di sektor konektivitas, smartphone memiliki jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, dan fitu-fitur umum lainnya. Sayangnya, perangkat belum memiliki fitur NFC.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 6i

Kelebihan

  • Menggunakan chipset unggulan MediaTek
  • Peningkatan besar-besaran di sektor kamera
  • Kapasitas baterai sangat besar
  • OS terbaru

Kekurangan

  • Tidak mendukung teknologi tahan debu dan air
  • Tidak dilengkapi fitur NFC

Harga dan Tanggal Rilis di Indonesia

Sejauh ini perusahaan belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran Realme 6i, tetapi banyak rumor mengungkapkan bahwa kemungkinan besar perangkat akan mulai diedarkan di pasar global pada 29 Maret 2020. Di Myanmar sendiri, Realme 6i sudah masuk masa pre-order mulai 18-26 Maret 2020.

Harga Realme 6i sendiri dibanderol sekitar:

RAM 3GB + ROM 64GBMMK 249.900 (sekitar Rp 2,7 jutaan)
RAM 4GB + ROM 128GBMMK 299.900 (sekitar Rp 3,2 jutaan)

Realme 6i Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, Realme 6i merupakan smartphone yang mendapatkan peningkatan cukup besar dibandingkan pendahulunya. Walau begitu, peningkatan ini dinilai belum maksimal. Misalnya, konfirgurasi kamera belakang hanya meningkatkan lensa utama, sementara sisanya masih sama. Sektor baterai pun hanya dari performa pengisian dayanya saja yang ditingkatkan. Meskipun demikian, dengan banderol harga murah ini adalah smartphone idaman banyak orang!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot