UC News

Resep dan Cara Membuat Kacang Tojin atau Kacang Bawang Khas Lebaran

Resep dan Cara Membuat Kacang Tojin atau Kacang Bawang Khas Lebaran

Sonora.ID - Kacang tojin adalah salah satu varian makanan atau cemilan kacang goreng, konon berasal dari daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bedanya dengan kacang goreng lainnya adalah dengan adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum.

Sekarang sangat mudah menemui kacang tojin di supermarket ataupun pasar di seluruh Indonesia, terutama saat hampir lebaran atau hari raya lainnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Kering Kastengel Renyah dan Gurih

Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini Sonora.ID akan memberikan resep dan cara membuat kacang tojin atau kacang bawang.

Bahan-bahan

  • 500 gram kacang kupas kualitas baik
  • 2 batang seledri (cuci, tiriskan dan keringkan)
  • Secukupnya bawang merah goreng

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang putih
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Baca Juga: Tak Butuh Oven, Ini Resep dan Cara Membuat Pizza Teflon Anti Gagal!

Langkah-langkah:

  1. Bilas kacang dengan air mengalir, tiriskan. Panas kan air hingga mendidih lalu siram ke kacang tadi. Diamkan 15 menit lalu tiriskan kembali. Saring sampai benar benar tidak ada air mengendap.
  2. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah kacang. Aduk sampai tercampur rata, tutup wadahnya. lalu diamkan minimal 30 menit
  3. Goreng kacang sampai kekuningan dengan minyak agak banyak dan api sedang. Tiriskan dan sebar di loyang yang sudah dialas kertas untuk menyerap minyak nya.
  4. Setelah kacang selesai digoreng semua, matikan api kompor. Saring minyak nya supaya tidak kotor lalu panaskan wajan kembali dan masukkan minyak tadi. Setelah panas, masukkan 2 batang seledri (boleh ditambah bila suka). Goreng sampai layu/tekstur garing tapi jangan sampai gosong.
  5. Angkat, tiriskan sebentar lalu remas remas daun seledri tadi sampai hancur, taburkan di atas kacang. Aduk rata. Tunggu dingin baru masukkan toples.
  6. Kalau mau pakai bawang merah goreng, tunggu kacang dingin dulu baru dicampur dengan bawang goreng nya dan kaldu bubuk bisa di skip karena aroma dari bawang merah goreng sudah gurih.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat 'Tahu Susu Kekinian' yang Lembut dan Enak!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot