UC News

Rusia : Kami Siap Untuk Mengantarkan Jet Su 35 Pesanan Indonesia, Jadi Apa Tidak?

Rusia : Kami Siap Untuk Mengantarkan Jet Su 35 Pesanan Indonesia, Jadi Apa Tidak?
Sumber : Tass

Indonesia merasa beruntung mempunyai rekan yang sangat bersabar dalam jual beli senjata yaitu Rusia, dalam kasus pembelian 11 unit Jet tempur Su 35 yang sudah berlangsung dari 2017 hingga saat ini mash terjadi tarik ulur. Diberitakan oleh Sputnik (18/11/2019) Pihak Rusia yang diwakili oleh CEO Rosoboronexport Alexander Mikeev mengatakan bahwa pihaknya siap mengirim Su 35 pesanan Indonesia.

“tidak ada yang menghalangi kewajiban kami untuk mengantarkan pesanan Su 35 Ke Indonesia, Kami sudah menandatangani kontrak pembelian. Saat ini kami sedang menunggu kontrak tersebut efektif setelah pihak Indonesia membuat keputusan jadi apa tidak membeli Su 35” ungkap Alexander Mikeev pada pameran pertahanan di Dubai.

Sebelumya pada tahun 2018 lalu Indonesia-Rusia telah menandatangani kontrak pembelian 11 unit Su 35 senilai 1,14 Miliar USD. Namun karena adanya tekanan dari AS dan belum tuntasnya masalah imbal dagang yang menyertai pembelian jet tempur superioritas udara tersebut kontrak tersebut hingga saat ini belum efektif.

Soal tekanan AS terhadap pembelian Su 35 ini Direktur Rostec Viktor Kladov angkat bicara “Saya telah berbicara dengan KSAU Indonesia dan dia mengakui adanya ancaman dari CAATSA. Untuk kondisi itu kami pun menyadari karena Indonesia sendiri mengoperasikan alutsista AS dalam jumlah besar jika pabrikan AS menghentikan pasokan suku cadang maka aka nada masalah keamanan di Indonesia”

Oleh karena itu untuk meredakan tekanan CAATSA pihak Indonesia berencana untuk membeli dua skadron jet tempur F 16 Viper mulai tahun 2020. Sehingga kedepan TNI AU akan mengoperasikan 4 skadron F 16

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot