UC News

Samsung Mulai Produksi Chipset Baru Berbasis 6 nm

Samsung Mulai Produksi Chipset Baru Berbasis 6 nm

Technologue.id, Jakarta – Penurunan proses fabrikasi masih terus dilakukan pada pengembangan chipset mobile untuk bisa memaksimalkan performa dan mengoptimalkan temperatur smartphone. Dan itu mulai dilakukan oleh Samsung dengan teknologi terbarunya.

Mengutip dari GSMArena (20/02/20), Samsung baru saja mengumumkan kalau salah satu pabriknya di Hwaseong, Korea Selatan sudah mulai memproduksi chipset baru secara massal. Chipset yang diproduksi dengan teknologi EUV (Extreme Ultraviolet) itu akan memiliki fabrikasi 6 nm dan 7 nm.

Berdasarkan keterangan dari Samsung, kapasitas produksi dari chipset di bawah 7 nm berteknologi EUV akan meningkat tiga kali lipat pada akhir tahun 2020 mendatang. Dan rencananya, mereka bakal mulai mendistribusikan chipset berbasis 6 dan 7 nm pada kuartal pertama 2020 ini.

Samsung sendiri sudah mulai mencapai proses fabrikasi 7 nm pada Mei 2018 lalu. Hal itu diwujudkan melalui hadirnya chipset Exynos 9825 yang tertanam di Galaxy Note 10 yang sudah dirilis pada Agustus 2019 lalu.

Dengan semakin massalnya produksi chipset 7 dan 6 nm ini, bukan tidak mungkin ke depannya akan semakin banyak smartphone — tak cuma Samsung –, yang di dalamnya terdapat chipset yang lebih kencang dan lebih rendah konsumsi dayanya. Ke depannya, Samsung pun kabarnya tengah melakukan riset untuk bisa mengecilkan proses produksi chipset ke 5-4 nm.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot