UC News

Sasis All New NMAX 2020 dan NMAX Lama 100 Persen Tak Sama, Ini Efeknya Saat Dikendarai

Sasis All New NMAX 2020 dan NMAX Lama 100 Persen Tak Sama, Ini Efeknya Saat Dikendarai

Sasis baru All New NMAX 2020

GridOto.com – Banyak yang menduga, Yamaha All New NMAX 2020 masih menggunakan sasis yang sama jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Karena secara tampilan memang mirip banget. Tapi ternyata, beda 100 %.

Sasis yang digunakan baru, selain untuk mengakomodasi mesin baru dengan engine mounting di bawah, tentu juga untuk menghadirkan impresi berkendara yang lebih baik.

“Yang baru ini didesain lebih rigid, ada beberapa bagian yang diperkuat sehingga memberikan sensasi berkendara yang lebih baik,” jelas Ridwan Arifin, Staff Education PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Rangka All New NMAX dan NMAX lama, beda banget

Secara kasat mata, perbedaan paling mencolok adalah pada tulang tengah di atas tangki bahan bakar dan rangka di bagian bawah tangki.

Area dekat engine mounting, komstir, dudukan atas sokbreker belakang dan tulang tengah di atas tangki bahan bakar diklaim memperoleh treatment reinforce.

Hasilnya secara total bobot naik dari 127 kg jadi 132 kg, tapi ternyata handling All New NMAX ini lebih baik. Jika yang lama sudah nurut dan stabil buat menikung, yang baru lebih enak lagi.

Terutama dari sisi kelincahan, terasa lebih mudah diarahkan dan ringan.

Baca Juga: Wajib Baca Ini Sebelum Beli All New Yamaha NMAX 155, Test Ride Lengkap NMAX Baru 2020

Test Ride Lengkap Yamaha NMAX Baru 2020

Sasis baru All New NMAX 2020

Asyiknya lagi, meski dimensinya bongsor dengan panjang 1.935 mm dan jarak sumbu roda 1.340 mm, tapi buat selap-selip masih lincah seperti NMAX lama karena sudut belok setangnya lebar, sehingga radius putarnya tetap kecil.

Sisi suspensi juga ada perbedaan. Yang depan identik dengan versi sebelumnya. Terasa empuk saat melibas jalan tak rata dan masih stabil, meski ketika dipaksa melibas polisi tidur dengan kecepatan tinggi masuk suka mentok atau bottoming.

Yang berbeda adalah suspensi belakangnya, khususnya pada versi Connected/ABS yang punya setelan preload 2 tingkat.

Baca Juga: Sokbreker Belakang Yamaha NMAX 155 versi ABS Bisa Diseting Empuk Keras, Seperti Ini Impresinya Buat Berkendara

Jika riding sendirian dengan setelan preload bawaan, yaitu pada setelan 1 redamannya terasa lebih empuk dibanding NMAX lama. Tak sampai bikin pinggang sakit saat melibas speed trap, lubang atau polisi tidur.

Sementara setelan preload nomor 2 lebih cocok saat membawa beban berat atau ada pembonceng yang bobotnya di atas rata-rata.

Kalau setelan preload 2 dinaiki sendirian terasa keras. Karakternya mirip sokbreker belakang All New NMAX versi standar.

Penyetelan preload sangat mudah, tinggal dicolok dan diputar pakai obeng plus.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot