UC News

Sejarah Panjang Kebun Raya Bogor

Sejarah Panjang Kebun Raya Bogor
sumber foto : boombastis.com

Walau Kebun Raya Bogor dibangun secara keilmuan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Kawasan tersebut telah dibuat sebagai hutan lindung sejak zaman Prabu Siliwangi (1474-1513) dari Kerajaan Sunda. Dalam prasasti Batutulis, dituliskan bahwa hutan lindung tersebut untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di satu wilayah kekuasaannya.

sumber foto : indeksberita.com

Hingga dibangunnya Istana Bogor sebagai rumah peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1744. Kebun Raya Bogor mulai direncakan sebagai taman belakang Istana dan laboratorium penelitian pertanian. Kebun Botani tersebut mulai dikembangkan oleh seorang ilmuwan botani asal Jerman, Prof Caspar Georg Karl Reinwardt.

Secara resmi didirikan pada 18 Mei 1917 pada masa Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen. Kebun Raya Bogor memiliki nama Lands Plantentuin te Buitenzorg dan digunakan sebagai pusat penelitian botani.

sumber foto : lipi.go.id

Tak hanya kebun tanaman dan tumbuhan, di dalam Kebun Raya Bogor juga terdapat berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas penelitian. Seperti terdapat Herbarium, Laboratorium Botani, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi, dan Kebun Percobaan.

sumber foto : lipi.go.id

Kini, Kebun Raya Bogor selain sebagai tempat penelitian botani oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga sebagai tempat rekreasi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Setelah berumur 200 tahun, Kebun Raya Bogor menempati lahan sekitar 87 hektar dan memiliki 12.531 tumbuhan dari 3.228 spesies, 1.210 marga, dan 214 suku.

sumber foto : viva.co.id

Salah satunya terdapat tanaman sawit tertua yang masih hidup hingga kini. Selain itu, terdapat bunga bangkai (Amorphophalus titanium) yang didatangkan dari Jambi dan ditanam di Bogor pada 19 Desember 1992.

Sumber:

historia.id/sains/articles/dua-abad-membangun-reputasi-kebun-raya-bogor-vJdlo

krbogor.lipi.go.id/id/Sejarah-Kebun-Raya-Bogor.html

www.republika.co.id/berita/selarung/suluh/17/05/18/oq58ww282-mengungkap-tabir-sejarah-berdirinya-kebun-raya-bogor

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot