UC News

Selain BBM, 5 Aplikasi Chatting Populer Ini Juga Resmi Tutup

Selain BBM, 5 Aplikasi Chatting Populer Ini Juga Resmi Tutup

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com - Kabar buruk datang dari aplikasi chatting terpopuler yang dulu sempat berjaya di Indonesia, BlackBerry Messenger (BBM) resmi akan tutup pada 31 Mei 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis di blog BBM, salah satu alasan pihaknya menutup layanan chatting ini adalah sulitnya mendapatkan pengguna baru.

Jika kita sandingkan, BBM dirasa memang kalah bersaing dari aplikasi serupa sebut saja, Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger, ataupun Line.

Sebelum BBM, ini sejumlah aplikasi chatting terpopuler yang telah resmi tutup lebih dulu :

1. Google Allo

Google Allo'

Google Allo meruoakan sebuah aplikasi chatting yang memiliki tujuan untuk mempermudah proses komunikasi dan berusaha mengantikan peran SMS.

Walau memiliki inisiatif yang bagus, aplikasi chatting buatan Google ini, menyatakan tutup usia pada Maret 2019 lalu dan lebih fokus pada pengembangan lainnya.

Di Indonesia sendiri, Google Allo tidak memiliki euforia yang besar seperti Whatsapp dan Facebook.

2. Yahoo Messenger

Yahoo Messenger'

Yahoo Messenger bisa disebut sebagai aplikasi chatting terpopuler tahun 2000an.

Aplikasi ini menjadi juara pada jamannya, sebagai layanan pesan instan yang hanya tersedia di dekstop, sebagai alternatif komunikasi via e-mail dan SMS.

Dirilis pada 9 Maret 1998, akhirnya aplikasi ini resmi ditutup pertanggal 17 Juli 2018

Namun, Yahoo telah menyiapkan aplikasi sebagai pengganti Yahoo Messenger yakni Yahoo Together dengan segudang fitur memumpuni.

3. Migme

Migme'

Rasanya cukup asing mendengar nama Migme bukan?

Perlu kamu tahu, aplikasi ini merupakan penerus dari pionir aplikasi chatting yang sangat melegenda yaitu Mig33.

Walau menyandang nama besar, Migme tidak bisa mengakusisi sejumlah aplikasi chatting populer lainnya dan resmi tutup pada 26 November 2017.

4. Friendster

Friendster'(wheninmanila)

Jauh sebelum Facebook terkenal seperti sekarang, Friendster merupakan sebuah platfor chatting terpopuler yang digunakan anak muda.

Layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut.

Friendster sebenarnya masih ada sampai sekarang, namun mereka menghapus semua konten dan fiturnya, dan kini beralih menjadi sebuah situs permainan.

5. Path

Path'(path.com)

Path adalah salah satu aplikasi sosial media yang populer yang meluncurkan aplikasi chat terpisah layaknya Facebook dengan nama Path Talk.

Path sendiri memiliki sejumlah fitur andalan yang dapat memberikan kebebasan bereksperi seperti membagikan foto, video, ataupun lokasi.

Sayangnya, seiring waktu aplikasi ini kalah bersaing dengan beberapa aplikasi populer lainnya seperti Instagram dan resmi tutup pada 18 Oktober 2018

Dari daftar yang tertera di atas, aplikasi mana yang sangat berkesan bagi kalian?

Tulis cerita kalian di kolom komentar ya sobat NexTren.com.

Kalau dari kaca mata penulis, Friendster yang paling sangat berarti, karena dahulu aplikasi tersebut bisa menjadi tempat mencari jodoh yang pas. (*)

Topic: #bbm
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot