UC News

Sering Jadi Mainan Waktu Kecil, 5 Fakta Unik Ikan Cere!

Sering Jadi Mainan Waktu Kecil, 5 Fakta Unik Ikan Cere!
idntimes.com

Waktu kecil dulu mungkin kamu pernah main tangkap ikan cere di got atau saluran air. Ikan ini sering disebut juga ikan gupi. Namun memiliki nama ilmiah gambusia affinis.

Dilansir dari idntimes.com (27/07/19), ada beberapa fakta ikan cere yang menarik untuk diketahui.

1. Asal dari Amerika

idntimes.com

Ternyata, ikan yang sering kamu temui di selokan ini asalnya bukan dari Indonesia. Melainkan dari Amerika Serikat yang tersebar ke perairan Indonesia di tahun 1920.

2. Pembasmi nyamuk

Hewan ini mendapat julukan mosquitofish karena memang makanannya adalah jentik nyamuk.

3. Cepat berkembang biak

idntimes.com

Siklus pertumbuhan ikan cere sangat cepat. Usia 6 minggu setelah dilahirkan, anak ikan cere sudah bisa kawin dan berkembang biak. Dan setelah dilahirkan, anak ikan cere sudah bisa mencari makan sendiri. Untuk ikan cere betina, hanya butuh waktu 28 hari untuk mengandung sampai melahirkan anak-anak ikan cere.

4. Mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrem

Meski tubuhnya kecil, tapi daya tahan tubuh ikan cere kuat banget. Ia mampu hidup di lingkungan dengan kadar oksigen rendah dan kadar garam tinggi. Pantesan aja sering ditemui di selokan yang kotor.

5. Rakus

idntimes.com

Walau ukurannya kecil, ikan ini terkenal rakus. Terutama ikan cere betina yang bisa makan jentik nyamuk sebanyak 225 jentik hanya dalam waktu satu jam. Waduh, kecil-kecil makannya banyak ya.

Itulah beberapa fakta menarik dari ikan cere. Kamu masih sering menemukannya di selokan?

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot