UC News

Setinggi Taj Mahal, Pesawat Harus Ganti Rute Jika Lewati Tumpukan Sampah Ini!

Setinggi Taj Mahal, Pesawat Harus Ganti Rute Jika Lewati Tumpukan Sampah Ini!
Referensi pihak ketiga

Tumpukan tersebut tampak seperti gunung kecil dengan tinggi 65 meter. Ukuran ini setara dengan tinggi dari Jembatan London dan hampir menyaingi ikon India Taj Mahal. Tumpukan tersebut adalah sampah yang diproyeksikan tingginya akan terus bertambah

Referensi pihak ketiga

Akibat terus naiknya tinggi sampah tersebut, pihak berwenang menginstrusikan agar landfill sampah tersebut diberi lampu merah penanda bagi pesawat. Saking tingginya, jika tidak diberi tanda bisa-bisa membahayakan pesawat yang melintas.

Tumpukan sampah tersebut berada di New Delhi, Ghazipur, India. Lahan yang pertama dibuka tahun 1984 itu sekarang telah menampung sekitar 2000 ton sampah tiap hari. Akibatnya, ketinggiannya terus naik hingga 10 meter per tahun. Sampah tersebut menjadi monumen yang mengganggu pemandangan dan kesehatan di India.


Referensi pihak ketiga


Bahaya lain dari tumpukan sampah ini adalah longsor sampah yang memakan korban dua warga lokal di situ tahun lalu.

Tanpa kontrol yang baik, Ghazipur segera menjadi lokasi berbahaya bagi kesehatan dan keselamtan secara langsung. Bahkan akibat banyaknya sampah di sana, polusi udara menyebabkan penyakit yang membunuh 981 warga akibat infeksi pernafasan akut.

Memahami bahwa bahaya dari sampah tersebut seperti bom waktu, pemerintah India sedang mencari lahan baru untuk menggantikan pembuangan di Ghazipur. Selain itu, tumpukan sampah harus segera diolah karena campuran berbahaya tersebut memungkinkan terjadinya kebakaran spontan yang dapat menyebabkan asap berbahaya dan longsor.


Sumber:

sciencealert(10/6/2019)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot