UC News

Siswa Belajar di Rumah Diperpanjang

Siswa Belajar di Rumah Diperpanjang

*Sampai Batas Waktu yang Tidak Ditentukan
PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil kembali memperpanjang masa aktivitas siswa belajar dirumah dampak pandemi covid-19 atau virus corona. Sebelumnya, aktivitas siswa belajar dirumah akan berakhir tanggal 21 April 2020, kini kembali diperpanjang sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Melalui surat edaran nomor 420/017/DIKBUD/IV/2020, Wali Kota meminta baik guru, orangtua maupun siswa untuk dapat mengisi kegiatan dirumah dengan hal-hal yang bermanfaat.

“Setelah mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 saat ini dan menindaklanjuti surat edaran Mendikbud RI, kita harus memperpanjang masa aktivitas siswa di rumah. Edaran ini berlaku mulai dari PAUD, SD hingga SMP negeri swasta yang ada di Pangkalpinang,” ujar Wali kota kepada Babel Pos, Jumat (17/4).

Terkait teknis pembelajaran, Wali Kota meminta agar tetap menggunakan daring atau jarak jauh yang di dalamnya didalamnya pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dan tayangan TVRI. Dengan catatan, guru tetap tidak memberikan beban tugas yang berlebihan kepada siswa.


“Saya harap guru tetap memantau kegiatan siswa melalui pemberian tugas secara daring atau online dengan memanfaatkan konten rumah belajar http://belajar.kemdikbud.go.id atau WA group paguyuban orangtua atau wali siswa,” pinta Wali Kota.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriady menambahkan, dalam edaran tersebut pihaknya memang tidak menyebutkan batas waktu masa belajar di rumah. Hal tersebut tergantung kondisi pandemi virus corona.

“Rencananya kami akan mengakhiri tahun ajaran 2019/2020 bulan Mei ini. Saat ini kami lagi merekap hasil belajar siswa sambil menunggu kebijakan dari kementerian untuk menentukan kalender akhir/libur tahun ajaran 2019/2020 yanf biasanya dua mingguan,” jelas Eddy.

Selanjutnya, kata Eddy, pihaknya akan mengawali tahun ajaran baru tahun 2020/2021 yang mengacu pada kalender pendidikan dimulai 13 Juli 2020.

“Jadi efektivitas kegiatan belajar mengajar lagi kami kalkulasi semua. Yang jelas saat ini masih konsep belajar dan mengajar dirumah, bukan libur yang kemungkinan sampai dengan pertengahan Mei mendatang,” tandasnya. (pas)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot