UC News

SpaceX menyelesaikan upgrade besar-besaran ke jaringan satelit telekomunikasi

SpaceX menyelesaikan upgrade besar-besaran ke jaringan satelit telekomunikasi
Referensi pihak ketiga

SpaceX menyelesaikan upgrade besar-besaran ke jaringan satelit telekomunikasi utama pada hari Jumat setelah dua tahun diluncurkan.


Roket Falcon 9 yang dibangun oleh usaha luar angkasa Elon Musk meluncurkan sepuluh satelit terakhir dari rasi bintang 75 untuk Iridium (IRDM), operator satelit, tepat setelah 7:30 pagi dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg California.

Jaringan satelit generasi kedua, dijuluki Iridium NEXT, bertujuan untuk menawarkan layanan internet dan telepon berbasis satelit yang ditingkatkan serta pemantauan lalu lintas laut dan udara.

Tak lama setelah diluncurkan pada hari Jumat, Iridium mengkonfirmasi bahwa semua 10 satelit baru telah "berhasil dikomunikasikan" dengan sistem darat. Sekarang perusahaan sedang mempersiapkan tes tambahan.

"Kami belum sepenuhnya melintasi garis finish, karena masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengoperasikan satelit ini," kata CEO Iridium Matt Desch dalam sebuah pernyataan. "Setelah itu selesai, masa depan kita akan ada. Aku hanya sangat bangga dengan tim kita sekarang."

Saham Iridium melonjak hampir 6% pada hari Jumat.

Secara terpisah, SpaceX mengatakan sekali lagi memulihkan pendorongnya selama misi Jumat. SpaceX memelopori manuver memandu penguat roket tingkat pertama kembali ke Bumi sehingga dapat digunakan kembali dan mengurangi biaya peluncuran.

Itu adalah pendaratan roket pertama untuk SpaceX sejak kecelakaan 5 Desember di mana booster mengalami masalah teknis, memberi tahu platform penjelajah laut, dan terjun ke laut. Upaya pendaratan yang gagal adalah yang pertama untuk booster Falcon 9 sejak 2016.

Peluncuran Jumat menyimpulkan kemitraan selama satu dekade antara SpaceX dan Iridium, pelanggan utama.

Iridium memilih SpaceX pada Maret 2010 untuk menjadi mitra peluncuran tunggal untuk Iridium NEXT. Perusahaan menandatangani kontrak, senilai $ 448 juta, untuk tujuh peluncuran. Peluncuran kedelapan, yang SpaceX dibayar $ 61,9 juta, ditambahkan kemudian.

SpaceX meluncurkan kelompok pertama satelit Iridium NEXT pada 14 Januari 2017, dan telah mengirimkan sejumlah satelit Iridium ke orbit setiap beberapa bulan sejak itu.

Jaringan Iridium NEXT senilai $ 3 miliar akan menggantikan konstelasi yang menua dan menjanjikan koneksi yang lebih cepat.

Iridium membuat jaringan komunikasi global pertamanya dengan meluncurkan konstelasi satelit senilai $ 5 miliar beberapa dekade lalu. Tetapi layanan ini, yang pada awalnya dimaksudkan untuk membawa telepon satelit ke pasar massal, terbukti terlalu mahal bagi konsumen rata-rata. Iridum menyatakan bangkrut pada tahun 1999.

Tetapi perusahaan muncul dari Bab 11 dengan pemilik baru dan mengubah rencana bisnisnya. Cakupan telepon satelit tetap menjadi bentuk komunikasi utama untuk zona bencana dan sudut paling terpencil di Bumi.


Sumber cnn.com

Topic: #spacex
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot