UC News

Sungailiat Triathlon ke 7 Digelar 15 Juni, Peserta dari 16 Negara

Sungailiat Triathlon ke 7 Digelar 15 Juni, Peserta dari 16 Negara

SUNGAILIAT – Sungailiat Triathlon ke 7 sebagai Event Sport Tourism dengan berwisata dipadu dengan olahraga renang, bersepeda dan lari berlokasi di Kota Sungailiat akan kembali digelar. Dengan rute melewati berbagai objek wisata unggulan antara lain Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir serta Pantai Teluk
Uber Sungailiat Triathlon akan dilaksanakan Sabtu (15/6).

Lintasan lomba menonjolkan keindahan alam yakni area yang diusulkan menjadi KEK Pariwisata di Kabupaten Bangka. Pemerintah Kabupaten Bangka telah menyelenggarakan kegiatan Sungailiat Triathlon sejak tahun 2013 sampai dengan sekarang yaitu tahun ke 7.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bangka dan secara global turut mensukseskan capaian target kunjungan wisatawan secara nasional,” kata Bupati Bangka, Mulkan dalam konferensi pers dengan awak media, Kamis (13/6).

Tuan Rumah Tempat Kegiatan Sungailiat Triathlon sekaligus pengusung KEK Sungailiat, Thomas Djusman mengarakan even ini mendapat respon yang cukup baik dari komunitas triathlon di Indonesia dan berbagai negara bahkan tag line Sungailiat Triathlon adalah “Lebarannya penggiat triathlon seIndonesia”. Sebab, telah dianggap agenda wajib tahunan dan ajang silahturahmi penggiat triathlon di Indonesia.

Sungailiat Triathlon 2019 memperlombakan 5 kategori yaitu Long Distance 1,9 km renang, 90 km sepeda, 21,1 km lari, Standart Distance 1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari, Sprint 750m renang, 20 km sepeda, 5 km lari dan Sprint Duathlon 5km Lari, 20k Sepeda, 5km Lari.


“Sejauh ini, Peserta yang telah mendaftar pada Sungailiat Triathlon 2019 sebanyak 302 orang yang berasal dari 16 negara yaitu Indonesia, Aljazair, Austria, Denmark, Francis, Italia, Malaysia, Belanda, Rusia, Spanyol, United Kingdom, Amerika, Jerman, Jepang, Thailand dan Singapore,” sebut Thomas Djusman.

Sungailiat Triathlon sudah menjadi agenda wisata nantinya dimeriahkan dengan atraksi seni budaya seperti Festival kuliner khas Bangka dengan sajian kuliner khas daerah Bangka yang menampilkan kudapan tradisional berbahan baku lokal sesuai dengan prinsip beragam, bergizi seimbang dan aman.

Ada juga Bazar Kerajinan Khas Bangka kegiatan yang menampilkan berbagai souvenir khas Bangka yang dikelola oleh UMKM dan masyarakat. Atraksi Kesenian dan Parade Pawai Budaya kegiatan yang menampilkan kesenian dan budaya daerah Bangka dan Nganggung Sepintu Sedulang

Banyaknya kategori didalam perlombaan diharap dapat menaikkan jumlah peserta dan berimbas kepada bertambahnya jumlah kunjungan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Dengan asumsi peserta akan membawa keluarga untuk berkunjung ke Pulau Bangka dan membelanjakan uang mereka sehingga meningkatkan sektor perekonomian dan diharapkan dapat membuat masyarakat menjadi lebih memperhatikan sektor Pariwisata.

“Sehingga membuat masyarakat menjadi lebih kreatif seperti mendirikan homestay, toko cinderamata dan menaikkan pelayanan terhadap wisatawan,” sebutnya. (trh)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot