UC News

Sungguh Keajaiban! 600 Meter Di Bawah Es Antartika, Tersembunyi Hal Luar Biasa Ini

Antartika yang kalian pikirkan mungkin hanya tempat yang dipenuhi oleh es. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja, tempat ini juga dipenuhi dengan berbagai hal yang mengagumkan lain yang tersimpan di dalamnya. Ya benar, tersimpan jauh di dalam es. Salah satunya adalah keberadaan pegunungan misterius yang tertutupi oleh es beku.

Pertama Kali Ditemukan

Sungguh Keajaiban! 600 Meter Di Bawah Es Antartika, Tersembunyi Hal Luar Biasa Ini
Referensi pihak ketiga

The Gamburtsev Mountain Range adalah subglacial pegunungan yang terletak di Antartika Timur. Pegunungan tersebut ditemukan oleh sekelompok peneliti Soviet pada tahun 1950-an, di daerah yang sangat terpencil di benua itu, di mana suhu sering turun di bawah -80 derajat Celcius. Keberadaannya terkubur di 600 meter di bawah es dan salju.

Penelitian yang dilakukan

Referensi pihak ketiga

Pada tahun 2008 dan 2009 sekelompok ilmuwan internasional menerbangkan pesawat bolak-balik dengan radar penembus es melintasi Pegunungan Gamburtsev. Mereka benar-benar serius meneliti keberadaan pegunungan ini dan mengungkap berbagai hal mengagumkan, seperti lembah, sungai yang dalam, berton-ton puncak bergerigi, dan danau cair di bawah lebih dari 1,6 kilometer es.

Mengungkap Beberapa Misteri

Referensi pihak ketiga

Diketahui jika pegunungan ini berusia sekitar 100 juta tahun, tetapi menurut para ilmuwan gunung-gunung di sana terlihat sangat muda. Para ilmuwan menghubungkan penampilan muda ini dengan proses erosi yang sangat lambat yang disebabkan oleh makam es tempat jajarannya terperangkap.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Referensi pihak ketiga

Meskipun belum pasti, tim AGAP (Antarctica's Gamburtsev Province) percaya semua data yang telah dikumpulkan dapat menjelaskan hal-hal terkait dalam narasi kredibel.

Dijelaskan jika terciptanya gunung ini dimulai lebih dari satu miliar tahun yang lalu ketika kebanyakan daratan dan benua bersatu sebagai Rodinia. Berbagai tabrakan mendorong terciptanya gunung. Selama ratusan juta tahun berlalu gunung-gunung tersebut berangsur-angsur menghilang.

Kemudian, sekitar 250-100 juta tahun yang lalu (saat dinosaurus menjelajahi planet ini) kerak mulai memecah dalam serangkaian peristiwa dekat dengan akar lama. yang mengangkat tanah sekali lagi dan membangun kembali gunung-gunung.

Sekitar 35 juta tahun yang lalu, glester menjadi akhir, ketika mereka menyebar dan bergabung untuk membentuk Lapisan Es Antartika Timur, memakamkan Gamburtsev dalam prosesnya.

Sumber : Listverse.com; bbc.com; livescience.com

Topic: #es
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot