UC News

Tak Hanya di Indonesia, Tradisi Makan Langsung Pakai Tangan juga Ada di 5 Negara Ini, loh

Tak Hanya di Indonesia, Tradisi Makan Langsung Pakai Tangan juga Ada di 5 Negara Ini, loh
https://www.honestdocs.id/

#1 India

Di India, masayarakat memang terbiasa makan dengan tangan kosong, tentu saja dengan membasuh tangan sebelumnya. Aturannya, meraka harus makan dengan tangan kanan. Apabila memakan makanan berkuah, sayuran, dan daging, mereka harus memakannya bersama injera atau roti khusus untuk makan. Hal terpenting yang harus diingat adalah piring tidak boleh diangkat atau didekatkan ke mulut ketika makan. Mulut lah yang harus direndahkan ke piring.

Aturan makan di India sepertinya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, ya. Dengan aturan makan semacam ini, masyarakat India percaya bahwa makanan akan semakin nikmat disantap dan mampu menumbuhkan suatu hubungan tersendiri dengan makanan yang mereka makan tersebut.

#2 Afrika

Makan dengan tangan kosong di Afrika agaknya memiliki beberapa aturan yang cukup unik. Sebelum makan, dua mangkuk air akan disediakan di meja untuk membasuh tangan sebelum dan sesudah makan. Uniknya, mereka tidak diizinkan untuk menjilat tangan mereka setelah makan. Hal tersebut baru boleh dilakukan ketika semua orang telah selesai makan.

Sama seperti di India, makan dengan tangan kiri dianggap tidak sopan di Afrika. Mereka harus makan dengan menggunakan ibu jari, jari manis, dan jari tengah untuk mengambil dan memasukkan makanan ke mulut. Aturannya, cukup detail, ya!

#3 Filipina

Meskipun merupakan sebuah negara yang cukup modern, masayarakat tradisional di Filipina hingga kini ternyata masih makan dengan tangan kosong. Masyarakat yang masih melakukannya biasanya bertempat tinggal jauh dari kota, seperti di pegunungan atau di dekat pantai. Mereka terlalu sibuk untuk membawa sendok atau sumpit ketika bekerja.

Kini, mereka menganggap kebiasaan makan dengan tangan kosong tersebut sebagai suatu budaya. Meskipun memiliki sendok atau sumpit, mereka akan lebih memilih untuk makan dengan tangan kosong. Ini mencerminkan bahwa mereka menghormati budaya mereka.

#4 Ethiopia

Tradisi makan dengan tangan kosong di Ethiopia sepertinya tidak terlalu berbeda dengan di India. Masyarakat Ethiopia juga menggunakan injera bila menyantap makanan yang sulit untuk dimakan langsung dengan tangan. Injera harus digulung rapi karena tidak boleh ada sedikit pun saus yang tumpah. Terkadang, mereka akan menyuapkan makanan tersebut kepada orang di sebelah mereka atau biasa disebut dengan istilah gursha demi hubungan yang baik.

Mereka juga makan dengan tiga jari pertama. Seperti di India, makan dengan tangan kiri juga dilarang. Hal tersebut karena tangan kiri dianggap sebagai nasib buruk.

#5 Oaksaka

Oaksaka merupakan negara bagian Mexico. Berbeda dengan keempat negara lainnya, makan dengan tangan kosong di Oaksaka tidak dibatasi dengan aturan-aturan tertentu. Hanya saja, mereka menggunakan tortila sebagai ganti sendok dan sumpit untuk mengambil makanan yang sulit untuk dimakan langsung dengan tangan kosong.

Hal terpenting adalah tangan mereka harus tetap berada di atas meja ketika makan. Secara umum, tidak aturan yang melarang masyarakat Oaksaka untuk makan dengan tangan kiri.

Sumber

https://www.foodrepublic.com/2012/11/19/the-rules-for-eating-with-your-hands-in-india-africa-and-the-middle-east/amp/

https://www.cntraveler.com/story/a-guide-to-eating-with-your-hands-around-the-world/amp

https://www.ilovetansyong.com/2013/09/eating-with-your-bare-hands-unethical.html?m=1

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot