UC News

Tarik Wisatawan, Duta Seni Boyolali Bakal Dikirim ke Eropa Barat

Tarik Wisatawan, Duta Seni Boyolali Bakal Dikirim ke Eropa Barat
Tim Duta Seni Boyolali membawakan tarian topeng ireng yang ditampilkan di kawasan skandinavia pada tahun 2018 lalu. (Foto: Galih P)

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Tahun ini, tim Duta Seni Boyolali yang beranggotakan pelajar SMA sederajat kelas X rencananya akan dikirimkan ke kawasan eropa barat untuk menjadi delegasi kebudayaan Boyolali. Selama tujuh tahun berturut-turut, program yang digagas Bupati Boyolali, Seno Samodro tersebut sudah dikirimkan ke berbagai kawasan dunia, diantaranya Amerika Utara, Asia dan Eropa timur, dan terakhir kawasan skandinavia pada tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, Darmanto, Jumat (11/1/2019) menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan penjajakan di negara tujuan di kawasan Eropa barat, yakni Belanda, Perancis, Jerman, dan Inggris. Penjajakan diperlukan untuk menyelaraskan jadwal di negara mana saja yang saat kunjungan ada agenda kebudayaan, dimana tim Duta Seni Boyolali akan unjuk kebolehan.

Rencananya, delegasi akan dikirim bulan Juli saat libur sekolah untuk melakukan kunjungan selama 12 hari. "Sekarang baru kita sedang komunikasi negara mana saja yang ada festival sesuai dengan misi seni budaya ini," terangnya.

Terkait anggota delegasi, pihaknya akan melakukan proses seleksi yang terbagi dalam empat tahap. Selain keterampilan dalam seni, tes juga mencakup psikologi dan kemampuan intelegensia yang menjadi tes terakhir setelah tes administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

"Tes psikologi ini pesertanya nanti sebanyak 50 siswa dan nanti akan dikeruvutkan menjadi 16 siswa terpilih yang akan menjadi anggota tim serta dua anggota lagi dari Mas dan Mbak Boyolali," jelasnya.

Pihaknya optimis, antusiasme siswa untuk ikut proses seleksi tahun ini makin tinggi. Tahun lalu saja, ada sebanyak 400 siswa yang ikut seleksi. Setelah anggota dipilih, mereka akan dilatih secara intensif, terutama di bidang seni, untuk mengenalkan kesenian tradisi Boyolali di luar negeri.

"Tentu kita ingin mendapatkan yang terbaik diantara anak-anak yang baik untuk membawa nama Boyolali," pungkasnya.(Gal)

Topic: #boyolali
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot