UC News

Ternyata 4 Hal Ini Dihapuskan Pada Bulan Ramadan

Allah SWT mengkhususkan bulan Ramadan dibandingkan bulan lainnya dengan berbagai keutamaan yang agung. Ramadan adalah bulan dimana dosa-dosa dihapuskan, pintu ampunan dibukakan, dan pahala dilipatgandakan.

Ternyata 4 Hal Ini Dihapuskan Pada Bulan Ramadan
Sumber: thumbs.dreamstime.com/b/arabic-ramadan-lantern-d-illustration-hexagonal-hanging-blue-metal-arabesque-pattern-70819142.jpg

Dilansir dari situs republika.co.id (25/05/17), Ustadz Muhajir Affandi dalam suatu kajian di Masjid Al Ikhlas Bosowa Bina Insani Bogor, menjelaskan bahwa ramadan asal katanya dari “ramadha” yang artinya membakar. Ada empat hal yang dibakar selama bulan Ramadan, yakni:

Pertama adalah menghilangkan hubbuddunya (kesenangan berlebih pada dunia). Melalui puasa, umat Muslim ditempa supaya meminimalkan keinginan untuk memegang dunia. Sehingga, memudahkan seseorang mengulurkan tangan apabila ada yang membutuhkan bantuan.

Kedua, ibadah puasa tidak sebatas menahan diri dari rasa haus dan lapar, tapi juga melawan dan menahan hawa nafsu.

Hal yang ketiga adalah menghilangkan atau menghapuskan akhlak yang buruk. Puasa melatih diri kita untuk memiliki akhlak terpuji.

Sumber: risalahnet.files.wordpress.com/2014/09/akhlaqul-karimah.jpg

Dan yang keempat adalah membakar dosa-dosa. Ibadah yang kita lakukan tidak sebanding dengan dosa-dosa yang telah diperbuat. Karenanya, bulan Ramadan ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah pada hamba-Nya.

Sumber: slideplayer.info/1997080/7/images/10/Ramadhan+Menghapus+Dosa.jpg

Sobat Ucers, semoga kita mendapatkan semua keutamaan dari bulan Ramadan yang sebentar lagi akan dijalani. Sehingga meraih kemenangan yang hakiki. (DW)

Sumber: Opini pribadi penulis

Referensi lain:

www.republika.co.id/berita/ramadhan/kabar-ramadhan/17/05/25/oqhkam374-4-hal-yang-dibakar-pada-bulan-ramadhan

Topic: #ramadan
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot