UC News

Ternyata Bukan Soeharto Jenderal yang Dikagumi Try Soetrisno, Tapi 2 Jenderal Ini

Semasa aktif di militer, Jenderal (Purn) Try Sutrisno berkawan karib dengan Jenderal Benny Moerdani. Dikisahkan Benny pernah meramal karir sahabatnya itu akan mentok karena Try bukan tentara dari korps infanteri tapi dari korps zeni. Try sendiri merupakan alumni Akademi Teknik Angkatan Darat (Atekad). Sementara Benny lulusan Akademi Militer (Akmil).

Ternyata Bukan Soeharto Jenderal yang Dikagumi Try Soetrisno, Tapi 2 Jenderal Ini
Referensi pihak ketiga

Namun ramalan Benny meleset. Karir Try justru meroket, semengkilap karir Benny. Try pernah jadi ajudan Presiden Soeharto. Selanjutnya, karir Try meleset. Mertua dari Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu ini pernah jadi Pangdam Jaya. Lantas naik jadi Pangkostrad, untuk kemudian menjadi KSAD, orang nomor satu di TNI Angkatan Darat.

Referensi pihak ketiga

Try bahkan kemudian menggantikan Benny, sahabatnya itu sebagai Panglima ABRI. Try berhasil menyamai pencapaian Benny. Tidak sampai di situ, Try meraih posisi yang tak bisa dicapai Benny. Try, dipilih Soeharto jadi Wakil Presiden. Tentu, sebagai seorang tentara, Try juga punya jenderal yang dikaguminya. Lalu siapa jenderal yang dikagumi Try? Apakah Soeharto yang memberi jalan bagi karir Try hingga jadi Panglima ABRI (TNI) dan Wakil Presiden?

Referensi pihak ketiga

Salim Said dalam bukunya, "Dari Gestapu ke Reformasi Serangkaian Kesaksian," yang terbit pada tahun 2013, menyebut bahwa Soeharto bukanlah jenderal yang dikagumi Try Soetrisno. Soeharto tak masuk daftar jenderal yang dikagumi Try. Menurut Salim Said, hanya dua jenderal yang kagumi Try Soetrisno. Pertama,Jenderal Soedirman, Panglima Besar TNI yang pertama dan yang kedua, Leonardus Benny Moerdani, mantan Panglima ABRI yang digantikan Try. 

Ya, Try jadi Panglima ABRI menggantikan Moerdani yang digeser Soeharto menjadi Menteri Pertahanan. Walau sangat berjasa dalam karir militernya, Soeharto, rupanya tak masuk hitungan Try sebagai jenderal yang dikaguminya. Karena kalau merujuk pada apa yang ditulis Salim Said, Jenderal Soedirman dan Benny Moerdani yang dikagumi Try. Bukan Soeharto.

Referensi:

Buku," Dari Gestapu ke Reformasi Serangkaian Kesaksian," (Salim Said, 2013)


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot