UC News

Ternyata Ini Kerajaan Islam Pertama Di Nusantara

Ternyata Ini Kerajaan Islam Pertama Di Nusantara
Referensi pihak ketiga

Selama ini, dalam pelajarab sejarah kita mengetahui bahwa kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah Samudra Pasai. Hal ini berdasarkan nisan milik Sultan Malik as-Shaleh dari Kerajaan Samudera Pasai yang bertarikh 696 H (1297). Banyak sejarawan menjadikan nisan itu sebagai tanda masuknya Islam di Nusantara sekaligus bukti keberadaan Kerajaan Samudera Pasai.

Namun kalau kita berkunujung ke Desa Lamreh yang terletak di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupatan Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kita akan menemukan fakta yang mencengangkan.

Di sana terdapat peninggalan Kerajaan Lamuri berupa bangunan seperti benteng, kompleks pemakaman, dan bekas hunian yang ditandai sebaran fragmen keramik.

Di pemakaman itu ditemukan beberapa nisan unik. Berbentuk tugu persegi yang meruncing ke atas seperti piramida. Penduduk setempat menyebutnya plakpling.

Di nisan itu tertulis: “...assulthan Sulaiman bin Abdullah bin al Basyir Tsamaniata wa sita mi’ah 680 H (1281 M).”

Bila Sultan Sulaiman bin Abdullah bin Al Basyir wafat pada 680 H (1281 M), artinya masyarakat Lamreh telah lama mengenal Islam. Hal ini diketahui dari nama ayah dan kakek Sultan Sulaiman Abdullah bin Basyir yang berbau Islam.

Pertanggalan itu pun menunjukkan umur yang lebih tua dibandingkan nisan milik Sultan Malik as-Shaleh dari Kerajaan Samudera Pasai yang bertarikh 696 H (1297). Banyak sejarawan menjadikan nisan itu sebagai tanda masuknya Islam di Nusantara sekaligus bukti keberadaan Kerajaan Samudera Pasai.

“Lamuri berkembang menjadi Kerajaan Islam yang cukup besar sebelum Samudera Pasai berdiri. Namanya sudah dikenal sejak masa Hindu-Buddha,” tulis Repelita Wahyu Oetomo, peneliti dari Balai Arkeologi Medan, dalam “Lamuri Telah Islam Sebelum Pasai” termuat di Jurnal Berkala Arkeologi Sangkhakala seperti dilansir historia.id.

Selain itu, Catatan tertua lainnya tentang Kerajaan Lamuri muncul dalam Prasasti Tanjore yang berbahasa Tamil dari tahun 1030. Prasasti ini dibuat Raja Rajendra Cola I dari Kerajaan Cola di India Selatan.

Demikian sekilas fakta mengenai Kerajaan Lamuri yang merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara.

Bagaimana menurut pembaca, apa mungkin ada kerajaan lain yang lebih tua?

Sumber: www.historia.id

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot