UC News

Tiga Ribu Orang Tersengat Ubur-ubur di Pantai Timur Australia

Tiga Ribu Orang Tersengat Ubur-ubur di Pantai Timur Australia
Referensi pihak ketiga

Hanya dalam waktu tiga hari saja lebih dari tiga ribu orang disengat oleh jenis ubur-ubur yang beracun di sepanjang pantai timur Australia. Kejadian ini membuat pihak yang berwenang di Australia terpaksa menutup beberapa pantai yang biasa ramai dikunjungi wisatawan.

Pihak terkait memberi himbauan agar warga tidak mendekati pantai-pantai tersebut. Hal ini dikarenakan akan lebih banyak ubur-ubur yang akan mendekat ke arah pantai-pantai tersebut. Bedasarkan data dari Surf life terdapat 3.595 orang yang menderita luka bakar setelah disengat ubur-ubur apai atau botol biru. Sebenarnya kejadian ini adalah kejadian yang biasa terjadi selama musim panas.

Penelitian yang dilakukan oleh Royal Australian College of General Practitioners memaparkan bahwa biasanya hanya tercatat 10 ribu kasus dalam waktu setahun. Namun saat ini baru tiga hari saja sudah tiga ribu kasus sengatan ubur-ubur yang tercatat.

Gejala yang terjadi apabila terkena ubur-ubur jenis ini antara lain dapat menimbulkan rasa sakit yang tajam dan pelepuhan kulit. Rasa sakit yang dirasakan bisa berlangsung selama beberapa menit bahkan hingga jam. Gejala yang terlihat adalah mual, lesu, dan muntah. Pertolongan pertama untuk kejadian disengat ubur-ubur ini adalah mencuci sengatan dengan air bersuhu 45 derajat celcius.

Sumber artikel

nationalgeographic.grid.id/read/131595996/ubur-ubur-beracun-sengat-ribuan-orang-di-australia-apa-penyebabnya

Topic: #australia
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot