UC News

Tindakan yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mobil Terbakar di Jalan

Dikutip dari https://www.cintamobil.com(07/09/2019)-Bagaimana jadinya jika Anda menjadi korban dalam mobil terbakar di jalan? Apa saja tindakan-tindakan yang tidak boleh Anda lakukan ketika situasi itu terjadi?

Peristiwa kecelakaan beruntun di Cipularang yang terjadi Senin (02/09/2019) masih menyimpan duka. Bagaimana tidak, tabrakan itu melibatkan banyak sekali kendaraan dan mengakibatkan beberapa kendaraan terbakar di lokasi kejadian. Korban tewas pun tidak sedikit.

Lalu bagaimana jika Anda terlibat dalam situasi mobil terbakar di jalan? Tindakan apa saja yang tidak boleh Anda lakukan pada kondisi tersebut? Berikut tips dari kami.

1. Jangan Panik

Tindakan yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mobil Terbakar di Jalan
Referensi pihak ketiga

Sebaiknya tepikan kendaraan ketika ada tanda-tanda kebakaran

Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Devensive Devensive Driving Consultant menjelaskan, jika melihat kondisi mobil terbakar langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik. Jika mobil masih bisa dikendalikan, langsung tepikan kendaraan di pinggir jalan, matikan mesin, dan cabut kunci kontak. Kalau mobil langsung mati, langsung keluar dari mobil.

2. Tidak Boleh Mengeluarkan Barang Bawaan

Referensi pihak ketiga

Selamatkan diri lebih penting dibanding barang bawaan

Setelah mobil ditepikan atau kunci kontak dicabut, langsung keluar dari mobil. Selamatkan juga penumpang lainnya. "Jangan pikirkan barang bawaan, karena Anda sedang bertaruh nyama dengan api. Keselamatan diri lebih utama dari sekedar barang bawaan," katanya.

3. Jangan Ada di Dekat Mobil

Referensi pihak ketiga

Menjauhlah dari mobil yang terbakar

Setelah keluar dari mobil, sebaiknya berlarilah menjauh, minimal 50 meter dari mobil. Karena Anda tidak pernah tahu, kejadian apa lagi yang akan terjadi ketika api mulai membesar. Beritahu juga pengguna jalan lain untuk menjauh dari mobil Anda.

4. Jangan Membuka Kap Mesin

Referensi pihak ketiga

Membuka kap mesin akan membuat api lebih besar

Tanda-tanda mobil terbakar di jalan biasanya muncul kepulan asap dari balik kap mesin. Ini akibat mobil terbakar lebih sering karena korsleting yang muncul di ruang mesin. Saat api sudah mulai membesar, membuka kap mesin malah akan memperbesar api akibat oksigen dari luar masuk ke kap mesin.

5. Api Jangan Disiram

Referensi pihak ketiga

Langsung hubungi petugas pemadam kebakaran

Saat mobil terbakar, biasanya api akan membesar karena adanya tumpahan bahan bakar atau minyak pelumas. Saat menyiram air, air akan berada di atas bahan bakar atau minyak. Kondisi ini tidak efektif untuk memadamkan api dan api tetap akan besar.

Ketika mobil terbakar di jalan, sebaiknya langsung hubungi tim pemadam kebakaran, kepolisian, atau Jasa Marga setempat. Sebagai langkah pertolongan pertama, Anda lebih baik menggunakan kain atau karung basah untuk memadamkan api. Tentunya ini dilakukan sembari menunggu tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran. (https://www.cintamobil.com)

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot