UC News

Tips Aman Tidur di Mobil

Tips Aman Tidur di Mobil
Ilustrasi'. Foto: Dok

Belum lama ini warga Jakarta digegerkan dengan penemuan sesosok mayat pria di dalam mobil. Pria tersebut tewas dengan wajah membiru dan mulut berbusa dengan pintu mobil terkunci serta AC yang menyala. Kejadian ini terjadi di depan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Senen beberapa waktu lalu.

Tentunya sangat manusiawi ketika Anda mendadak lelah dan memutuskan untuk beristirahat sejenak di dalam mobil. Namun, tidur di dalam mobil yang sedang berhenti dengan mesin dan AC yang menyala sangat tidak disarankan. Pasalnya, akan banyak karbondioksida yang tak sengaja terhirup dan sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Salah-salah, Anda justru bisa bernasib mengenaskan seperti kasus pria yang meninggal dunia dalam mobil tersebut. Meski demikian, bukan berarti mobil yang Anda gunakan sehari-hari tidak bisa dijadikan sebagai tempat istirahat yang nyaman di waktu yang mendesak.

Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para pengguna kendaraan jika terpaksa harus beristirahat di dalam mobil.

1. Cari lokasi parkir yang aman

Kunci pertama agar Anda bisa beristirahat dengan aman di dalam kendaraan adalah mencari posisi dan tempat yang baik. Anda bisa masuk ke dalam lokasi parkir yang aman seperti SPBU, tempat parkir rumah makan, maupun minimarket. Pastikan mobil Anda diparkir dengan posisi yang aman dan berada di tempat yang tidak mengganggu jalan pengendara lain.

2. Sembunyikan barang berharga

Kejahatan terjadi karena ada kesempatan, so bagi kalian yang membawa barang berharga ada baiknya menyimpannya dengan baik di tempat tersembunyi dan tidak bisa dijangkau dengan mudah. Hal ini berfungsi untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan.

3. Membuka jendela

Ketika Anda tidur, maka sirkulasi udara yang baik sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya membuka kaca mobil untuk membuat sirkulasi udara di dalam mobil menjadi lancar. Sirkulasi udara yang lancar membuat mobil menjadi tidak pengap sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyenyak dengan memiliki cukup oksigen.

4. Matikan mesin dan AC

Alih-alih ingin sejuk dan menghindari panas, banyak orang yang memutuskan untuk tetap menyalakan mesin dan menggunakan AC ketika beristirahat. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan. Adanya kebocoran di sela-sela kabin akan membuat gas monoksida dari asap kendaraan masuk yang membuat seseorang tak sengaja menghirup gas tersebut saat tidur.

5. Kunci pintu mobil dan atur posisi bangku

Hal kelima yang wajib diperhatikan adalah mengunci seluruh pintu mobil agar tidak bisa dibuka dari luar. Anda juga wajib mengatur posisi tidur di bangku mobil dengan baik dan senyaman mungkin untuk menghindari cedera atau nyeri otot. (*)

Topic: #posisi tidur
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot