UC News

Tips Jitu Memilih HP Gaming Yang Handal, Tangguh, Cepat Dan Anti Macet Untuk Game Terkini

Pecinta media massa berupa radio dan televisi sekarang mulai beralih ke smartphone atau handphone. Sebagian orang baik anak-anak, remaja sampai dewasa sehari-hari menghabiskan waktu dengan menatap handphone mulai dari membaca berita atau artikel, menonton film atau video, hingga bermain game yang ringan maupun game yang terkini.

Tips Jitu Memilih HP Gaming Yang Handal, Tangguh, Cepat Dan Anti Macet Untuk Game Terkini
Ilustrasi bermain game (sumber: jalantikus.com)

Handphone atau smartphone yang digunakan untuk bermain game harus memiliki kemampuan dan spesifikasi yang lebih tinggi agar dalam memainkan game tersebut tidak lambat atau macet di tengah permainan. Berikut ini tips jitu memilih handphone gaming yang handal, tangguh, cepat, dan anti macet agar nyaman digunakan untuk bermain game terkini.


1. Kemampuan chipset dan RAM yang dimiliki oleh smartphone

Ilustrasi chipset handphone (sumber: idntimes.com)

Komponen utama smartphone adalah chipset yang merupakan gabungan processor, GPU (Graphical Processing Unit), Cellular Modem, dan pengontrol manajemen perangkat. Untuk bermain game diperlukan chipset yang memiliki GPU yang mampu mengolah grafis dengan baik. Handphone gaming memiliki minimal chipset kelas menengah hingga upper mid-end, seperti Qualcomm Snapdragon 636, Qualcomm Snapdragon 660 atau HiSilicon Kirin 710 dan seri tertinggi adalah Qualcomm Snapdragon 845. Sedangkan RAM yang dimiliki minimal 3 GB.

2. Kemampuan atau daya tahan baterai

Ilustrasi daya tahan baterai (sumber: idntimes.com)

Sebaiknya memilih smartphone yang memiliki daya tahan baterai yang awet sehingga bisa digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Smartphone dengan chipset yang hemat konsumsi daya dan pengisian baterai memiliki fitur fast charging serta kapasitas baterai minimal 3000 mAH.

3. Smartphone memiliki layar luas dan nyaman

Ilustrasi layar handphone (sumber: idntimes.com)

Sebaiknya smartphone memiliki layar lebar yang fullview display agar lebih puas dan mantap menatap layar serta memiliki resolusi dan kerapatan layar agar tampilan grafis terasa utuh dengan beresolusi full HD 1080p dan kerapatan diatas 400 ppi.

4. Penggunaan sistem operasi smartphone yang paling stabil

Ilustrasi sistem operasi handphone (sumber: idntimes.com)

Sebaiknya smartphone yang memiliki sistem operasi yang stabil dan terbaru agar mendukung game terkini yaitu Android & iOS. Pada OS iOS akan mendapatkan pembaruan sistem operasi dalam jangka waktu yang lama dan stabil serta jarang terjadinya crash saat bermain game. Sedangkan OS Android jarang mendapatkan pembaruan sistem operasi secara unofficial dengan custom rom.

5.Memilih smartphone yang sesuai keuangan belanja

Ilustrasi keuangan belanja (sumber: idntimes.com)

Sebaiknya memilih smartphone dengan budget yang dimiliki dan untuk memilih smartphone gaming yang dijual dengan harga antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta yang menawarkan performa yang dapat diandalkan untuk bermain games.

Demikian tips jitu memilih handphone gaming yang handal, tangguh, cepat, dan anti macet agar nyaman digunakan untuk bermain game terkini, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik ikuti dan klik suka serta tulis komentar Anda dan bagikan ke teman Anda, terima kasih.

Sumber: jalantikus.com, idntimes.com


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot