UC News

Tips Mengelola Keuangan Ramadan dan Lebaran Agar Tidak Boros

Hallo sobat ucer,

Rabu 5 Juni 2019, kaum muslimin di Indonesia akan memasuki bulan Syawal 1440 H dan merayakan Idul Fitri. Seperti halnya pada 2018, Ramadan dan Lebaran pada 2019 juga masih berdekatan waktunya dengan pertengahan tahun atau Juni dan Juli.

Fakta yang tidak bisa kita pungkiri lagi saat Ramadan datang adalah melonjaknya pengeluaran keuangan, terutama untuk konsumsi makanan. Kita patut selalu ingat bahwa inti dari bulan Ramadan adalah "menahan diri dari hawa nafsu", tak terkecuali dari boros dalam urusan keuangan.

Tips Mengelola Keuangan Ramadan dan Lebaran Agar Tidak Boros
kaltim.tribunnews.com

Melansir kompasiana.com (24/05/2019) berikut tips mengelola keuangan Ramadan dan Lebaran agar tidak boros :

  1. Rencanakan dan catat semua sumber pemasukan serta pengeluaran

Pada saat seperti ini, supermarket dan mall mayoritas telah memberikan promo Ramadan. Sebelum belanja, jangan lupa buatlah dulu seteliti mungkin daftar belanja untuk keperluan Ramadan di bulan Mei dan Lebaran di bulan Juni. Belilah barang yang sekiranya diperlukan saja, bukannya membeli barang karena lapar mata sesaat.

2. Pisahkan pos keuangan pengeluaran untuk dana pendidikan, konsumsi Ramadan dan mudik Lebaran

Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Pastikan dana pendidikan memang hanya khusus untuk membiayai sekolah dan tidak di habiskan untuk pengeluaran yang lain. Kalau memang dana tidak cukup untuk mudik Lebaran ini, kan masih ada liburan akhir tahun untuk pulang kampung bertemu keluarga.

3. Sisihkan dana untuk biaya hidup dari setelah Lebaran hingga gajian diakhir Juni

Besaran biaya hidup dapat di hitung melalui rata-rata pengeluaran seseorang atau suatu keluarga setiap bulannya. Jangan sampai, setelah Lebaran, malah harus berhutang kesana kemari karena kehabisan uang.

Hanya itu saja sobat ucer mengenai tips mengelola keuangan Lebaran dan Ramadan agar tidak boros. Semoga tips keuangan diatas dapat membuat ibadah selama Ramadan semakin khusyu' karena persiapan keuangan yang matang direncanakan.

Sumber : kompasiana.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot