UC News

Tips Motor: Tanda-Tanda Tali (Kabel) Kopling Akan Putus!

Tips Motor: Tanda-Tanda Tali (Kabel) Kopling Akan Putus!

ManiakMotor – Kopling baru saja ganti, eh sudah putus, termasuk saya sendiri nih bro. Saya itu yang menulis tips yang sampeyan baca ini yang mengalaminya sendiri. Bikin kesal memang, tiba-tiba putus di jalan. Masih bisa dijalankan sih, tapi berangkat dari awal kudu dorong, kan kopling sebagai pembebas reduksi sudah tak berfungsi. Jengkel sampeyan kan, seperti saya ini.

Semua barang pada onderdil motor yang bekerja, pasti ada tanda-tanda akan minta diganti. Termasuk gejala tali kopling mau putus. Dia pasti akan bilang untuk permisi nggak berfungsi. Macam putus cinta juga yang sudah ada tanda-tanda awal.

“Biasanya yang sering putus itu, tali kopling yang bukan asli atau dibeli sendiri talinya. Apalagi cara ikat atau memasang pentol (nepel) penahannya yang tidak kuat,” jelas Bayu, mekanik Griya Motordi kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Bukan berarti kabel asli yang pentol penahannya menyatu dengan tali kopling nggak putus-putus, ya buktinya diganti. Tapi maaf, tips ini hanya mengulas gejala tali kopling yang mau putus cinta.

Yang pertama biasanya kabel kopling sering renggang, maka sampeyan pun sering menyetelnya. Kira-kira dua minggu sebelum putus total deh. Sudah disetel ulang, eh balik lagi kendur. Itu tanda-tanda kawat-kawat seling beberapa helai mulai ada yang sudah putus, belum putus semua sih.

Kedua saat kopling diremas muncul bunyi seperti petasan banting. Bunyinya seperti ini: ‘kretek-kretek’, gitu. Bunyi itu disebakan kabelnya sudah tak menarik mantap. Juga talinya sudah sering bergesekan dengan sarung pembukusnya.

Ketiga saat disetel sudah pas, tapi tak bisa membebaskan kopling. Rasanya juga keras yang tak lancar. Itu tandanya, tali di dalam sarungnya sudah menyatu dengan karat. Ya semakin ditarik sebentar lagi putus tuh.

Disarankan oleh Bayu untuk mengganti kabel kopling yang ori. Biasanya yang asli sudah bersama sarungnya. Juga kedua ujungnya dilengkapi pentol atau nepel yang kuat karena menyatu dengan tali. Ya kalau nggak ada dana, beli tali kopling Vespa juga bisa. Tali Vespa terkenal lebih panjang dari kabel kopling motor Jepang. Jadinya ia bisa diatur dan mengikatnya lebih leluasa.

Selanjutnya jangan lupa melindungi dengan karet yang banyak dijual di ujung tali. Cara ini untuk mencegah debu dan air menyelinap pada tali kopling yang jadi biang karat. Amam

Tips Motor: Setting Udara Dan Bahan Bakar Pasca Ganti Knalpot Racing

Koil TK Racing: Lebih Tajam Dari SE, Angkat 1 Dk Semua Motor Standar Karbu, Rp 150.000

Tips Motor: Hati-Hati Beli Kaliper Brembo, Kampasnya Diganti Murahan

Tips Motor: 7 Sebab Ban Oleng, From FDR

Tips Motor: Modal Rp 2000 (Dua Ribu) Akali Tarikan Jupiter MX, Murah Jadi Waahh..!!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot