UC News

Trump Klaim Hubungan AS-China Alami 'Kemajuan Besar'

Trump Klaim Hubungan AS-China Alami 'Kemajuan Besar'
Presiden AS Donald Trump menjawab pertanyaan dari mdia setelah berbincang dengan anggota militer lewat konferensi video pada Hari Natal, 25 Desember 2018 di Kantor Oval di Gedung Putih.

WASHINGTON/BEIJING —

Presiden AS Donald Trump, Sabtu (29/12), mencuit bahwa dia telah melakukan percakapan telepon "yang lama dan sangat baik" dengan Presiden China Xi Jinping, dan bahwa hubungan perdagangan AS-China mengalami "kemajuan besar."

Kedua negara itu terlibat dalam perang dagang hampir sepanjang 2018, saling menjatuhkan sanksi yang bernilai miliaran dolar. Trump dan Xi bertemu pada 1 Desember dan sepakat untuk menghentikan sanksi tambahan sementara kedua belah pihak merundingkan perjanjian baru.

Delegasi perdagangan dari kedua negara itu akan bertemu pada Januari 2019, meski pun tanggalnya belum diumumkan.

Media pemerintah China melaporkan bahwa Xi memberitahu Trump lewat telepon pada Sabtu bahwa dia ingin hubungan AS-China berdasarkan "koordinasi, kerja sama dan stabilitas."

Trump sejak lama mengeluhkan defisit perdagangan AS dengan China. AS juga ingin China menindak tegas pelanggaran hak atas kekayaan intelektual dan praktik-praktik dagang tak adil lainnya. [vm]

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot